Zelenskyy Hormati Keputusan Joe Biden Mundur dari Pilpres AS

Selasa, 23 Juli 2024 – 08:53 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. ANTARA/Anadolu/pri.

jpnn.com - JAKARTA - Joe Biden mengundurkan diri dari sebagai calon presiden Amerika Serikat.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menghormati keputusan Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk tidak mencalonkan diri kembali.

BACA JUGA: Tiongkok Enggan Tanggapi Kemunduran Joe Biden pada Pilpres AS

Dia menyampaikan terima kasih atas dukungan Biden terhadap Kiev.

"Banyak keputusan telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir, dan keputusan tersebut akan dikenang sebagai langkah berani yang diambil Presiden Biden dalam merespons masa-masa sulit. Dan kami menghormati keputusan yang sulit namun tegas hari ini," kata Zelenskyy di X.

BACA JUGA: Obama Ikut Bermanuver, Kamala Harris Terancam Gagal Jadi Capres

Pernyataan itu disampaikan Zelenskyy setelah Biden mengumumkan penarikan dirinya dari Pilpres AS 2024 dan dukungannya kepada wakil presidennya, Kamala Harris, untuk menjadi capres dari Partai Demokrat.

"Ukraina berterima kasih kepada Presiden Biden atas dukungannya yang teguh terhadap perjuangan Ukraina untuk meraih kebebasan, yang bersama dengan dukungan bipartisan yang kuat di AS, telah dan terus menjadi hal penting," kata Zelenskyy.

BACA JUGA: Kamala Harris Tegaskan Siap Maju di Pilpres AS

Biden mendukung Ukraina selama "momen paling dramatis dalam sejarah," serta membantu Kiev dalam mencegah Presiden Rusia Vladimir Putin "menduduki negara kami," tambahnya.

Pencalonan Biden menjadi sorotan setelah penampilannya yang buruk saat melawan mantan Presiden Donald Trump dalam debat presiden pada akhir bulan lalu.

Di tengah tekanan yang terus meningkat yang dia hadapi, Biden (81) mengatakan dalam sebuah surat bahwa menjabat sebagai presiden merupakan "kehormatan terbesar" dalam hidupnya.

"Meski sudah menjadi niat saya untuk mencalonkan diri kembali, saya yakin demi kepentingan terbaik partai saya dan negara, saya harus mengundurkan diri dan fokus pada pemenuhan tugas saya sebagai presiden selama sisa masa jabatan saya," kata Biden. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler