Zulkifli: Pilkada 2018 Pelajaran Bagi Partai

Kamis, 28 Juni 2018 – 23:55 WIB
Ketua MPR Zulkifli Hasan saat diskusi di Masjid Ulil Albab UII, Yogyakarta, Kamis (7/6). Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengatakan hasil pilkada serentak 2018 tentu akan berpengaruh kepada pemilihan presiden (pilpres) 2019.

"Tentu akan berpengaruh, tergantung kombinasi capresnya dan partai pendukungnya seperti apa," kata Zulkifli gedung parlemen, Jakarta, Kamis (28/6).

BACA JUGA: Kotak Kosong Menang, Elite Dipermalukan Rakyat

Ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengatakan, hasil pilkada serentak 2018 juga merupakan salah satu faktor pengaruh penentuan koalisi di pilpres 2019.

"Jadi kan banyak faktor. Pilkada kemarin menunjukkan bahwa figur itu penting," ujarnya.

BACA JUGA: Dinilai tak Netral, Panwaslu Kota Bekasi Pecat Pengawas TPS

Dia menambahkan boleh saja tidak suka dengan partai. Tapi kalau menyukai figurnya, orang akan tetap memilih tanpa melihat asal partai. "Jadi, figur itu menentukan," tegasnya.

Zulkifli mengatakan pelajaran berharga yang bisa dipetik adalah bahwa calon yang diinginkan rakyat dan diputuskan partai harus sejalan.

BACA JUGA: PAN Klaim Kemenangan 58,8 Persen

"Tidak bisa juga mencalonkan wah saya partai besar jadi semau-maunya saya. (Itu) ditolak sama rakyat sekarang, dan itu pelajaran penting," jelasnya.

Lebih jauh Zulkifli mengapresiasi rakyat Indonesia khususnya di 171 wilayah yang menggelar pilkada serentak. Sebab, pilkada serentak 2018 ini bisa berjalan aman, tertib dan berhasil.

Dia juga mengapresiasi penyelenggara pemilu, yang bekerja sungguh-sungguh. "Tentu ini kemenangan demokrasi, kemenangan Indonesia, dan kemenangan rakyat Indonesia," ujarnya.

Zulkilfi mengatakan PAN adalah partai yang konsisten membela umat dan rakyat. Menurut Zulkifli, hal itu menjadi dasar bagi PAN mengambil keputusan dalam pilkada serentak.

"Terima dipercaya di 10 tempat bersama-sama partai lain untuk mengemban tugas mewujudkan kabupaten/kota dan provinsinya," paparnya.

Zulkifli berpesan kepada yang terpilih agar menunaikan janji dengan sungguh-sungguh. Menurut Zulkifli, sudah tidak zaman lagi menjadikan kekuasaan sebagai jalan mengejar kekayaan.

"Itu sudah bukan masanya lagi. Tapi, berkuasalah sungguh-sungguh untuk rakyat sebaik-baiknya agar ada perubahan, kemajuan, kesejahteraan. Penuhilah janji-janji," ungkapnya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pencoblosan Belum Kelar, Hoaks Quick Count sudah Beredar


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler