Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

100 Negara Sepakat Stop Bom Tandan

Kamis, 04 Desember 2008 – 05:27 WIB
100 Negara Sepakat Stop Bom Tandan - JPNN.COM
OSLO - Larangan penggunaan bom kluster akhirnya disepakati 100 negara yang hadir dalam pertemuan di Oslo, Norwegia. ''Hari ini (kemarin, red) sangat bersejarah karena sebagian besar negara di dunia sepakat melarang penggunaan bom tandan. Hal ini menjadi standar baru dalam dunia internasional yang menyebabkan perubahan besar di seluruh penjuru dunia,'' ujar Menteri Luar Negeri Norwegia Jonas Gahr Stoere seperti dikutip AFP.

Dengan disahkannya kesepakatan tersebut, ''Dunia (bisa) menjadi tempat yang lebih aman,'' kata Richard Moyes dari Cluster Munitions Coalition, lembaga yang memayungi 300 Lembaga Swadaya Masyarakat. ''Hal ini merupakan kesepakatan (bidang) kemanusiaan terbesar dekade ini,'' lanjutnya.

Selama ini, pasukan Angkatan Udara Amerika Serikat yang paling banyak menggunakan bom tandan. Penggunaan bom tandan sangat membahayakan dan merugikan penduduk sipil. Pasalnya, saat dijatuhkan dari pesawat ataupun ditembakkan melalui senjata artileri, bom jenis itu langsung meledak di udara dan mengeluarkan ratusan bom-bom lebih kecil, yang ukurannya hanya sekitar delapan sentimeter. (dia/ami)

OSLO - Larangan penggunaan bom kluster akhirnya disepakati 100 negara yang hadir dalam pertemuan di Oslo, Norwegia. ''Hari ini (kemarin, red) sangat

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close