Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

106 Bencana di Awal tahun, Ini Rinciannya

Selasa, 21 Januari 2014 – 21:43 WIB
106 Bencana di Awal tahun, Ini Rinciannya - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat di awal tahun 2014 terjadi 106 bencana. Ini terdiri dari 75 kejadian banjir, 28 tanah longsor serta banjir longsor 3 kejadian. Ini terjadi hampir di seluruh pelosok Indonesia.

"Ini di Jawa terutama, Jabar, Jateng. Wilayah Sumatera, Sulawesi, Maluku dan juga Maluku tengah juga ada tanah longsor," ujar Kepala BNPB Syamsul Maarif di Jakarta, Selasa, (21/1).

Akibat peristiwa bencana ini, Syamsul mengungkapkan jumlah pengungsi mencapai  617.734 jiwa. Melihat bencana yang tersebar ini, Syamsul mengingatkan agar para kepala daerah mempersiapkan sarana penanganan bencananya sebaik mungkin.

"BMKG menjelaskan bahwa hujan masih akan terus ada dan sekarang menuju ke arah timur mulai ke Jatim. BNPB juga telah memebrikan informasi ke daerah," sambungnya.

Untuk bantuan bencana, Ia menyatakan dulunya Kementerian Keuangan telah mengucurkan dana Rp 100 untuk dibagikan ke setiap provinsi sebesar Rp 34 miliar. Untuk wilayah DKI, Bekasi, Tangerang dan Karawang menurutnya telah dikucurkan dana Rp 50 miliar. Itu untuk kebutuhan pengungsi. Sementara untuk kerugian setelah bencana dan rekonstruksi baru akan dihitung setelah kejadian bencana teratasi.

" Tadi di rapat Menkeu tambah lagi 200 miliar untuk seluruh Indonesia. Kemarin 100 miliar sudah dibelanjakan. Kalau untuk rekonstruksi beda lagi, itu butuhnya bisa triliunan," tandas Syamsul. (flo/jpnn)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat di awal tahun 2014 terjadi 106 bencana. Ini terdiri dari 75 kejadian banjir, 28 tanah

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA