Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

12 Jemaah Haji Wafat

Sakit Kloter Terakhir jadi Beban Maskapai

Jumat, 06 November 2009 – 16:34 WIB
12 Jemaah Haji Wafat - JPNN.COM
JAKARTA - Pemerintah mengingatkan jemaah agar menjaga kesehatan saat menjalankan ibadah haji. Catatan terakhir Departemen Agama (Depag) hingga Jumat (6/11), sudah 12 jemaah haji asal Indonesia wafat di tanah suci. Jemaah yang meninggal mayoritas terserang penyakit jantung. Selain itu, ada pula 17 jemaah yang dirawat di rumah sakit di Madinah.

"Secara umum, kondisi kesehatan jemaah di tanah suci dalam keadaan baik. Mengingat perjalanan yang jauh dan perbedaan cuaca, ada 17 jemaah yang dirawat di rumah sakit. Sedangkan enam jemaah yang meninggal akibat penyakit (jantung) bawaan dari tanah air," kata Menteri Agama Suryadharma Ali.

Disebutkan, bagi jemaah yang masih sakit hingga jadwal kepulangan ke tanah air berakhir, berarti jemaah tersebut tidak akan pulang bersama penerbangan kloter terakhir ke tanah suci. Jemaah yang sakit itu akan mendapat perawatan dulu hingga sembuh. Untuk itu, kewajiban perawatan dan pemulangan ke tanah suci hingga embarkasi menjadi kewajiban maskapai penerbangan.

Menag pun menyampaikan, sejak pemberangkatan perdana 23 Oktober 2009 hingga sekarang, untuk diketahui, sekitar 50 persen jemaah calon haji (JCH) asal Indonesia sudah berada di tanah suci. Mereka akan melakukan rukun Islam kelima itu hingga 31 Desember 2009 nanti.

JAKARTA - Pemerintah mengingatkan jemaah agar menjaga kesehatan saat menjalankan ibadah haji. Catatan terakhir Departemen Agama (Depag) hingga Jumat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close