Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

14 Orang Meninggal Dunia Akibat Erupsi Semeru

Minggu, 05 Desember 2021 – 20:04 WIB
14 Orang Meninggal Dunia Akibat Erupsi Semeru - JPNN.COM
Tangkapan layar Plt. Kepala Pusdatinkom BNPB Abdul Muhari dalam konferensi pers virtual dari Jakarta pada Minggu (5/12/2021) (ANTARA/Prisca Triferna)

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa jumlah korban jiwa akibat erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, sebanyak 14 orang. Sementara, korban yang luka berat dan ringan akibat letusan Gunung Semeru berjumlah 56 orang. 

"Per pukul 17.30 WIB ini jumlah korban meninggal dunia terdata hingga saat ini berjumlah 14 orang," kata Pelaksana tugas Kepala  Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam konferensi pers virtual yang dipantau dari Jakarta, Minggu (5/12) malam.

Dia menjelaskan korban luka berat di RSUD Haryoto berjumlah delapan orang , RSUD Pasirian 16, RS Bhayangkaran tiga orang, Puskesmas Penanggal delapan.

Sehingga total korban luka berat, yaitu 35 orang. Untuk korban luka ringan sejumlah 21 orang total korban luka berat maupun ringan, yakni 56 orang.

"Angka ini juga berkurang dari rilis yang kita keluarkan siang tadi, sejumlah 69 orang. Artinya, angka 56 orang ini adalah hasil dari informasi juga langsung dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Suharyanto yang saat ini sedang berada di lapangan," jelasnya.

Berdasar data BNPB, jumlah penduduk yang terdampak akibat awan panas dan abu vulkanik adalah 5.205 jiwa, dengan 1.300 orang berada di pengungsian.

Dari jumlah tersebut, masih ada sembilan jiwa yang masih dalam proses pendataan status korban. (antara/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BNPB menyatakan berdasar data hingga Minggu (5/12) pukul 17.30, ada 14 orang yang meninggal dunia akibat erupsi Gunung Semeru.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close