Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

15 Juta Masyarakat Mengakses Telemedicine untuk Karantina Mandiri

Senin, 06 April 2020 – 18:57 WIB
15 Juta Masyarakat Mengakses Telemedicine untuk Karantina Mandiri - JPNN.COM
Isolasi mandiri untuk pasien corona atau orang tanpa gejala corona. Foto: Pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Doni Monardo mengatakan, sejauh ini masyarakat sudah banyak mengakses aplikasi telemedicine untuk mendeteksi virus Corona dan menanganinya secara mandiri. Doni menerangkan, dengan aplikasi itu, fasilitas medis terbantu karena masyarakat tak berbondong-gendong ke rumah sakit.

"Berdasarkan laporan Bapak Menteri Kesehatan kepada Bapak Presiden pada saat ratas tadi, telah terdaftar sekitar 15 juta pelanggan telemedicine. Ini telah sangat membantu berkurangnya jumlah pasien yang datang ke rumah sakit," kata Doni setelah mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo melalui telekonferensi, Senin (6/4).

Doni juga mengharapkan metode telemedicine ini bisa menjadi program prioritas nasional dalam menanggulangi dampak virus Corona. Apabila diterapkan secara nasional, maka masyarakat berkurang untuk menyambangi rumah sakit guna mendapat tindakan medis.

"Cukup dengan menghubungi bebarapa platfom dari sejumlah unicorn yang sudah ada. Seperti Halodoc, Alodokter, SehatQ, Klikdokter, Yesdok, Doktersehat, Sehatpedia, Maudok, dan lain sebagainya," kata Doni.

Doni menilai masyarakat bisa berobat secara daring untuk mendapatkan jenis obat yang dibutuhkan, termasuk saran dokter dan mengisolasi diri secara mandiri. Lalu masyarakat mendapat panduan-panduan apa yang harus dilakukan, seperti halnya makanan yang bergizi, cukup istirahat, pikiran tenang, dan seterusnya.

"Ini sangat memberikan bantuan kepada masyarakat kita karena ada dua poin di sini dalam menghadapi Covid-19, yaitu masalah medis dan masalah psikologis," kata Doni. (tan/jpnn)

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Doni Monardo mengatakan, sejauh ini tercatat 15 juta orang mengakses aplikasi telemedicine untuk mendeteksi virus Corona dan menanganinya secara mandiri.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close