Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

15 WNI di Afghanistan Kapan Dievakuasi?

Rabu, 18 Agustus 2021 – 21:58 WIB
15 WNI di Afghanistan Kapan Dievakuasi? - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). ANTARA/HO-Bamsoet

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah diminta segera menyiapkan evakuasi terhadap 15 warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Afghanistan.

Menurut Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), evakuasi penting untuk mengantisipasi perkembangan politik yang dramatis di Afghanistan.

"Ini sebagai upaya mengantisipasi perkembangan politik yang dramatis atau situasi yang makin tidak kondusif, di samping tetap terus melakukan pemantauan mengenai situasi keamanan di Afghanistan," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (18/8).

Bamsoet juga meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) segera menginstruksikan ke KBRI agar mendata WNI yang berada di Afganistan, serta terus memantau kondisi dan perkembangan politik serta keamanan guna memastikan keselamatan WNI dan staf KBRI di negara tersebut.

"Meminta komitmen Pemerintah RI untuk dapat memastikan bahwa keselamatan WNI termasuk staf Kedutaan Besar RI (KBRI) di Kabul menjadi prioritas bagi Pemerintah," ucapnya.

Bamsoet lebih lanjut mengatakan pemerintah terus mematangkan rencana evakuasi bagi sekitar 15 WNI yang masih berada di Afghanistan.

Kondisi negara tersebut, kata dia, dalam ketidakpastian, setelah kelompok Taliban menguasai pemerintahan pada Minggu (15/8).

Bamsoet juga berharap penyelesaian gejolak politik di Afghanistan dapat segera terjadi agar dapat menciptakan perdamaian, sebagaimana yang sangat diharapkan oleh masyarakat Afghanistan dan dunia internasional.(Antara/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah segera menyiapkan evakuasi terhadap 15 WNI yang berada di Afghanistan.

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close