Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2011, Pekerja Asing Wajib Gunakan Bahasa Indonesia

Selasa, 02 November 2010 – 19:25 WIB
2011, Pekerja Asing Wajib Gunakan Bahasa Indonesia - JPNN.COM
JAKARTA - Kepala Bidang Pembinaan Bahasa Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Mustakim mengatakan, seluruh pekerja asing yang bekerja di Indonesia akan diwajibkan menggunakan Bahasa Indonesia selama berada di Indonesia. Menurutnya, hal ini bertujuan untuk menginternasionalkan Bahasa Indonesia, serta mengembangkan pembelajaran Bahasa Indonesia kepada orang asing.

"Kita akan mewajibkan seluruh pekerja asing untuk menggunakan Bahasa Indonesia di dalam kehidupan kesehariannya. Kewajiban itu tentunya didahului dengan diikutsertakan dalam program sertifikasi Bahasa Indonesia," ungkap Mustakim kepada wartawan, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Selasa (2/11).

Mustakim mengatakan, hal ini diakui memang masih merupakan suatu wacana. Tetapi, lanjut Mustakim pula, peratutan tersebut akan berlaku wajib pada tahun 2011, mengingat saat ini tengah menunggu Peraturan Presiden (Perpres). "Kami masih menunggu proses penerbitan Perpres," imbuhnya.

Lebih lanjut, Mustakim menjelaskan bahwa mekanisme program sertifikasi Bahasa Indonesia yang nantinya akan diikuti oleh seluruh pekerja asing di Indonesia tersebut, adalah layaknya Test of English as a Foreign Language (TOEFL). Artinya, kelulusan - begitu juga tingkat kemampuan - mereka akan dibuktikan dengan sertifikat. (cha/jpnn)

JAKARTA - Kepala Bidang Pembinaan Bahasa Pusat Bahasa, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Mustakim mengatakan, seluruh pekerja asing yang

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close