Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

4 Kiat Menjaga Kadar Kolesterol Tetap di Batas Aman

Sabtu, 05 Januari 2019 – 22:07 WIB
4 Kiat Menjaga Kadar Kolesterol Tetap di Batas Aman - JPNN.COM
Pasien saat dites kolesterol. Foto: Ilustrasi

jpnn.com - Seringnya, kolesterol tinggi dipengaruhi faktor gaya hidup, seperti konsumsi makanan tinggi kolesterol seperti daging merah, seafood, produk susu, serta kombinasi malas berolahraga. Mengingat begitu bahayanya kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh, dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons) dari KlikDokter, merekomendasikan Anda untuk menjaga kadar kolesterol tetap di batas aman.

Untuk melakukannya caranya lumayan mudah:

1. Bergerak lebih aktif. Lakukanlah olahraga aerobik dengan intensitas sedang-tinggi selama 40 menit, 3-4 kali seminggu. Kebiasaan ini dapat menjaga kadar kolesterol tetap normal. Olahraga yang bisa Anda pilih antara lain jalan cepat, berenang, bersepeda atau kelas dansa.

2. Pola makan yang baik untuk jantung. Konsumsilah makanan rendah lemak (susu skim atau bebas lemak), buah, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan gandum. Pilih minyak yang lebih sehat seperti minyak sayur untuk memasak. Batasi konsumsi lemak. American Heart Associationadalah membatasi asupan lemak jenuh 5 hingga 6 persen dari kalori sehari-hari dan meminimalkan jumlah lemak trans. Caranya: kurangi asupan daging merah, produk susu (susu full cream, keju, mentega, krim, dan yoghurt), gorengan, serta camilan seperti kue dan biskuit.

3. Berhenti merokok. Berhenti merokok dan menjauhi diri dari asap rokok bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga pembuluh darah tubuh.

4. Menurunkan berat badan. Orang-orang yang kelebihan berat badan dan obesitas cenderung punya kolesterol jahat lebih besar daripada kolesterol baik. Menurunkan berat badan sebanyak 10 persen dapat menurunkan risiko kolesterol tinggi.

Pasalnya, kolesterol tinggi biasanya tidak menampakkan tanda dan gejala, tapi bisa diketahui melalui tes darah. Kolesterol tinggi diketahui berhubungan dengan banyak penyakit mematikan. Karenanya, rutin cek kadar kolesterol penting sebagai langkah pencegahan dini. Jangan lupa untuk menerapkan tips menjaga kadar kolesterol aman di atas supaya tubuh tetap sehat.(RN/ RVS/klikdokter)

Mengingat begitu bahayanya kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh maka Anda harus tetap bisa menjaga di batas aman.

Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close