Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Rumor Lagi: Bisa Jadi Kim Jong-un Sudah Mati Gara-gara Corona

Rabu, 01 Juli 2020 – 07:47 WIB
Ada Rumor Lagi: Bisa Jadi Kim Jong-un Sudah Mati Gara-gara Corona - JPNN.COM
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto: Antara/KCA/via REUTERS

jpnn.com, TOKYO - Desas-desus tentang Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) kim Jong-un kembali muncul. Kali ini di Jepang, sebuah rumor menyebut kepala negara negeri komunis itu telah meninggal dunia akibat virus corona.

Semula isu tentang Jong-un telah meninggal mengemuka menyusul ketidakmunculannya pada perayaan hari kelahiran Pendiri Korut Kim Il-sung pada 15 April 2020. Kabar santer menyebut pemimpin berusia 36 tahun itu sempat menjalani operasi jantung setelah tiba-tiba ambruk.

Namun, setelah 20 hari tak muncul di publik, Jong-un muncul pada 1 Mei 2020 di sebuah pabrik pupuk di dekat Pyongyang. Selain itu, media pemerintah Korut juga merilis foto saat Jong-un menghadiri pertemuan Komite Sentral Partai Pekerja Korea pada 7 Juni lalu.

Walakin, hal itu tak serta-merta memupus desas-desus tentang Jong-un. Sebab, cucu pendiri Korut Kim Il-sung itu makin jarang tampil di publik.

Menteri Pertahanan Jepang Tari Kono mengatakan ada gerakan-gerakan sangat aneh yang tampak di Korut. “Kami memiliki beberapa kecurigaan tentang kesehatannya (Jong-un, red),” ujarnya.

Taro menjelaskan, gerakan-gerakan yang sangat tak lazim di Korut itu merupakan upaya Jong-un menghindari infeksi virus corona. Menurutnya, Jepang bersama Amerika Serikat dan negara lainnya telah saling bertukar informasi tentang Jong-un.

Namun, Taro enggan membeber kondisi sebenarnya Jong-un saat ini ke media. “Saya tak diizinkan mendiskusikan masalah-masalah intelijen,” kilahnya.(thesun/jpnn)

Desas-desus tentang Pemimpin Tertinggi Korea Utara kim Jong-un kembali muncul.

Redaktur & Reporter : Antoni

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close