Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Sekitar 100 Pulau yang Bisa Menjadi Lokasi Isolasi Penyakit Menular

Jumat, 07 Februari 2020 – 18:49 WIB
Ada Sekitar 100 Pulau yang Bisa Menjadi Lokasi Isolasi Penyakit Menular - JPNN.COM
Menko Polhukam Mahfud MD (tengah) didampingi oleh Mendagri Tito Karnavian dan Menag Fachrul Razi saat jumpa pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (27/11/2019). Foto: Antara/Syaiful Hakim

jpnn.com, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menyebut pemerintah tengah mencari sebuah pulau untuk dijadikan tempat isolasi bagi penyakit menular. Menurut Mahfud, ada kemungkinan pulau berpenghuni terpilih menjadi tempat isolasi.

"Bisa di pulau tersendiri, bisa di pulau yang sudah ada penghuninya, sudah ada penduduknya maksudnya," kata Mahfud ditemui awak media di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (7/2).

Walakin, kata Mahfud, terdapat kriteria ketat sebelum menentukan sebuah pulau menjadi tempat isolasi penyakit menular. Setidaknya, pulau itu berdekatan dengan pangkalan militer dan memiliki bandar udara.

"Sudah ada penduduknya engga apa-apa. Tetapi itu didesain sedemikian rupa, karena di berbagai dunia pun sama," kata Mahfud.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, sampai saat ini belum ada pengerucutan terhadap salah satu lokasi. Namun, kata dia, ada sekitar 100 pulau yang cocok untuk digunakan sebagai lokasi obervasi penyakit menular.

"Ada 100 pulau, banyak banget. Pilih dewe, ora apal aku (pilih sendiri, enggak hapal saya)," ujar Terawan. (mg10/jpnn)

Untuk pemilihannya bisa pulau yang sudah ada penduduknya, bisa juga yang masih kosong. Yang penting, menurut Mahfud MD, pulau itu dekat dengan pangkalan militer.

Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close