Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Agus Gumiwang jadi Menperin, Begini Harapan Gaikindo

Senin, 28 Oktober 2019 – 23:25 WIB
Agus Gumiwang jadi Menperin, Begini Harapan Gaikindo - JPNN.COM
Agus Gumiwang Kartasasmita. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohanes Nangoi menyambut positif keputusan Presiden Jokowi memilih Agus Gumiwang Kartasamita menjadi Menteri Perindustrian (Kemenperin) di Kabinet Indonesia Maju.

Nangoi menilai sosok Agus memiliki beberapa kelebihan antara lain pernah menjadi Menteri Sosial pada kabinet Presiden Jokowi pada periode pertama.

Kemudian Nangoi menyebut Agus masih terbilang muda dan energik sehingga Nangoi percaya Agus bisa menjalankan semua yang telah dilakukan Airlangga Hartarto selama menjadi Menteri Perindustrian.

"Walaupun Pak Agus itu kan basicnya Menteri Sosial. Ya tidak apa-apa tapi kan dia sudah punya basic jadi menteri, Kemudian Pak Agus juga orangnya Pak Airlangga juga yang sama-sama di partai Golkar. Jadi kami melihat seharusnya satu paket Agus di Kemenperin dan Airlangga Hartarto di Menko Perekonomian," kata Nangoi.

Nangoi berharap, Agus bisa melanjutkan kebijakan-kebijakan menteri sebelumnya dengan baik. Salah satunya ialah kebijakan pemerintah terkait mobil listrik.

Menurutnya, untuk mengembangkan mobil listrik industri mobil listrik membutuhkan upaya besar dan melibatkan banyak kementerian seperti Kementerian ESDM, Menko Maritim dan Menko Perekonomian. Ekosistem mobil listrik di sini harus dibentuk dengan baik.

"Nyawanya mobil listrik itu ada di baterai. Kalau produksi baterai ini bisa dipercepat seperti keinginan Menteri Perindustrian sebelumnya, akan sangat bagi bagi penciptaan ekosistem mobil listrik nasional," ujarnya.

Menurut Nangoi, Agus sendiri sudah berkordinasi kepada Airlangga untuk bisa melanjutkan kebijakan yang selama ini sudah berjalan.

Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi menyambut positif keputusan Presiden Jokowi memilih Agus Gumiwang Kartasamita menjadi Kemenperin di Kabinet Indonesia Maju.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close