Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Airlangga Optimistis Penjualan Mobil Menembus 850 Ribu Unit Tahun Ini

Kamis, 11 November 2021 – 13:18 WIB
Airlangga Optimistis Penjualan Mobil Menembus 850 Ribu Unit Tahun Ini - JPNN.COM
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto optimistis penjualan mobil di Indonesia tahun ini menembus 850 ribu unit.

Dia mengatakan hal itu akan tercapai seiring membaiknya perekonomian, dan juga ada sejumlah mobil baru yang diluncurkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2021. 

"Dari segi sektor otomotif dilaporkan tahun kemarin angka total 530 ribu unit, tahun ini bisa mencapai 850 ribu unit,” kata Airlangga saat pembukaan GIIAS 2021 di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang, Banten, Kamis (11/11). 

Airlangga menambahkan bahwa dari jumlah tersebut, angka ekspor kendaraan bisa mencapai 300 ribu unit. 

Menurutnya, pencapaian itu tidak lepas dari insentif berupa pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang diberikan pemerintah hingga Desember 2021. 

Ketua umum Partai Golkar itu mengatakan anggaran untuk insentif tersebut sebelumnya telah ditetapkan Rp 2,27 triliun, dengan realisasi Rp 1,37 triliun, yang dinikmati enam pabrikan kendaraan bermotor. 

Faktor pendukung lainnya, yakni penerapan Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) oleh Kementerian Perindustrian dinilai mampu mengerek peningkatan kapasitas meski di tengah pandemi Covid-19. (ddy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto optimistis penjualan mobil di Indonesia tahun ini menembus 850 ribu unit.

Redaktur : Boy
Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close