Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ajukan Kasasi, Hukuman Koruptor Gaek Ini Malah Ditambah

Jumat, 05 Februari 2016 – 12:20 WIB
Ajukan Kasasi, Hukuman Koruptor Gaek Ini Malah Ditambah - JPNN.COM
Eks Gubernur Riau Annas Maamun. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Bukannya mendapat keringanan hukuman. Kasasi yang diajukan Gubernur Riau non aktif Annas Maamun malah ditolak. Malangnya, hakim agung memperberat hukuman penjaranya dari 6 jadi 7 tahun. 

Selain itu, mantan Bupati Rokan Hilir dua periode itu juga harus membayar denda sebesar Rp 200 juta atau diganti kurungan penjara 6 bulan. Perkara ini diputuskan hakim agung MA terdiri dari Artidjo Alkostar, MS Lumme dan Krisna Harahap pada Kamis (4/2).

Salah satu pertimbangan hakim agung adalah, dakwaan bahwa Annas Maamun telah menerima hadiah atau janji sebagaimana diatur dalam Pasal 12 b dan 12 e Undang-Undang Tipikor telah terbukti dengan meyakinkan.

Hakim juga menolak permohonan kasasi mantan Ketua DPD Golkar Riau tersebut, gara-gara uang dollar Amerika sebesar USD 32.000 yang dimilikinya bernomor seri tahun 2014. Hal tersebut bertolak belakang dengan pengakuan Annas yang menyebutkan uang dollar AS itu sudah dimilikinya sejak menjabat Bupati Rokan Hilir. Di sisi lain uang dollar AS tersebut tak pernah dilaporkan dalam LHKPN ketika mencalonkan diri sebagai Gubernur Riau.

Annas mengajukan permohonan kasasi atas putusan majelis hakim Pengadilan Tinggi Bandung, yang menjatuhkan vonis penjara selama 6 tahun dan membayar denda Rp 200 juta, dalam perkara dugaan suap alih fungsi lahan di Riau

Juru bicara Mahkamah Agung (MA), Suhadi, menyatakan pemerintah bisa langsung mengeksekusi putusan yang menolak permohonan kasasi mantan Ketua DPD Golkar Riau tersebut.

"Putusan kasasi final and binding, walaupun ada PK tidak menghalangi pelaksanaan putusan," kata Suhadi menjawab JPNN di Jakarta, Jumat (5/2).(fat/jpnn)

JAKARTA - Bukannya mendapat keringanan hukuman. Kasasi yang diajukan Gubernur Riau non aktif Annas Maamun malah ditolak. Malangnya, hakim agung memperberat

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close