Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akademisi IPB Beberkan Fakta Food Estate Kalimantan Tengah Berhasil Berproduksi

Selasa, 24 Agustus 2021 – 20:38 WIB
Akademisi IPB Beberkan Fakta Food Estate Kalimantan Tengah Berhasil Berproduksi - JPNN.COM
Akademisi IPB Prima Gandhi optimistis nilai food estate menuai hasil yang bagus. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prima Gandhi menilai food estate yang menjadi salah satu program utama pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional menuai hasil yang bagus.

Menurutnya, tolok ukur yang utama keberhasilan food estate yakni realisasi luas tanam dan panen yang tinggi, meningkatnya produksi, indeks pertanaman, dan produktivitas.

“Dari target ditanam 30 ribu hektar, itu sudah ditanam dan dipanen. Hasilnya kisaran empat ton per hektar,” demikian kata Prima Gandhi di Bogor, Selasa (24/8/2021).

Oleh karena itu, Prima Gandhi menampik adanya pandangan dari pihak tertentu yang menyimpulkan bahwa pelaksanaan food estate khususnya di Kalimantan Tengah yakni Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas mengalami kegagalan.

Menurutnya, keberhasilan produksi dengan hasil tersebut menunjukkan kondisi lahan rawa mineral memenuhi syarat untuk tumbuh.

Selain itu, lanjut Prima, kondisi kualitas air irigasi yang ada juga memenuhi syarat, infrastruktur dan kesiapan petani juga tersedia di lokasi food estate di dua kabupaten tersebut.

“Jadi menilai keberhasilan itu langsung cek outcome saja, berhasil dan berproduksi tidak. Ini kan sudah kasat mata terlihat hasil panennya. Kalau berhasil panen berarti aspek kondisi lahan, air, agroklimat dan kesiapan petani sudah terpenuhi,” tegasnya.

Prima menyebutkan aspek lahan dan agroklimat serta sosial ekonomi sudah melalui pengkajian dan analisis kelayakan saat akan mau berjalan.

Akademisi IPB Prima Gandhi optimistis nilai food estate menuai hasil yang bagus. Pasalnya sejumlah indikator telah disiapkan dengan matang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close