Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akuisisi Sarana Karya, WIKA Garap Aspal Buton

Jumat, 03 Januari 2014 – 17:44 WIB
Akuisisi Sarana Karya, WIKA Garap Aspal Buton - JPNN.COM
Aspal Buton. Getty Images

jpnn.com - JAKARTA – PT Wijaya Karya (WIKA) sukses mengakuisisi 100 persen saham PT Sarana Karya (Persero).  Sebanyak 5 ribu lembar saham atau senilai Rp 50 miliar diborong WIKA.

Penandatangan akta jual beli (AJB) ini dilakukan oleh Staf Ahli Bidang Investasi dan Sinergi BUMN Kementerian BUMN Herman Hidayat dengan Direktur Keuangan WIKA Adji Firmantoro di Gedung Kementerian BUMN Jakarta.

Transaksi ini dikatakan Adji sebagai langkah tindak lanjut setelah terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 91 Tahun 2013 tentang penjualan Saham Milik Negara Republik Indonesia pada PT Sarana Karya, tertanggal 24 Desember 2013.

"Transaksi ini merupakan bagian dari strategi pengembangan usaha WIKA untuk memperkuat core business di bidang konstruksi infrastruktur yang telah tertuang dalam RKAP WIKA sejak tahun 2012," ujar Adji di Jakarta, Jumat (3/1).

Dalam rencana kerjanya, WIKA telah mempersiapkan rencana pembangunan plant pada lahan yang telah dimiliki perseroan seluas 30 hektar di Lawele, Pulau Buton. Hal itu dilakukan setelah berhasil memproduksi ekstraksi aspal buton (bitumen) dalam skala mini plant.

"Plant untuk ekstrasi bitumen didesain memiliki kapasitas 50 ribu ton per tahun. Direncanakan, pabrik aspal alam itu dibangun dalam satu tahun dan diharapkan bisa berproduksi mulai tahun 2015," harapnya.

Untuk penyelesaian transaksi pembelian saham PT Sarana Karya ini dijelaskan Adji bahwa WIKA menggunakan dana investasi yang berasal dari kas perseroan.

PT Sarana Karya memiliki binis inti dalam bidang pertambangan aspal Buton dengan menyediakan aspal olahan dan siap pakai untuk keperluan konstruksi jalan dan lainnya. BUMN ini juga memiliki jaringan distribusi untuk pasar dalam maupun luar negeri yang diyakini akan sangat mendukung rencana pengembangan kegiatan usaha WIKA. (chi/jpnn)

JAKARTA – PT Wijaya Karya (WIKA) sukses mengakuisisi 100 persen saham PT Sarana Karya (Persero).  Sebanyak 5 ribu lembar saham atau senilai

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Bisnis

    Citilink Indonesia Terbangi Kendari

    Sabtu, 17 Juni 2017 – 04:16 WIB
    Citilink Indonesia Terbangi Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru

    Rabu, 07 Juni 2017 – 14:15 WIB
    Lion dan Batik Air Tambah Rute Baru - JPNN.com
  • Bisnis

    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari

    Selasa, 30 Mei 2017 – 14:25 WIB
    Juni 2017, Citilink Buka Rute Jakarta-Kendari - JPNN.com
  • Bisnis

    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru

    Jumat, 26 Mei 2017 – 16:16 WIB
    Lion Air Siapkan Rute Bandung-Pekanbaru - JPNN.com