Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Amerika Pangkas Bantuan untuk Pakistan

Senin, 19 Agustus 2019 – 04:39 WIB
Amerika Pangkas Bantuan untuk Pakistan - JPNN.COM
India dan Pakistan adalah dua negara pemilik senjata nuklir berkekuatan dahsyat. Foto: Reuters

jpnn.com - Amerika Serikat memangkas bantuan luar negeri Pakistan sebesar USD 440 juta di tengah ketegangan yang terjadi di Kashmir.

Dikabarkan Russia Today, pemangkasan bantuan itu berarti bahwa Pakistan hanya akan menerima total bantuan senilai USD 4,1 miliar. Jumlah itu jauh lebih sedikit dari jumlah total yang dijanjikan oleh Amerika Serikat sembilan tahun lalu.

Paket bantuan Amerika Serikat awalnya ditetapkan senilai 7,5 miliar dolar AS di bawah kesepakatan yang disebut dengan "Kerry-Lugar-Berman Act" yang diimplementasikan pada 2010.

Namun pasang-surut hubungan Amerika Serikat dan Pakistan kerap menunda atau mengganggu distribusi dana.

Kementerian Urusan Ekonomi Pakistan menganggap bahwa pemangkasan dana bantuan itu adalah bagian dari strategi Presiden Amerika Serikat Trump untuk mengurangi pengeluaran pemerintah dengan memotong bantuan ke negara-negara berkembang.

BACA JUGA: Tentara India dan Pakistan Baku Tembak di Kashmir, Korban Berjatuhan

Pemangkasan bantaun terjadi bertepatan dengan meningkatnya eskalasi di Kashmir, yang dipicu oleh keputusan India untuk mencabut status otonomi khusus di Kashmir.

India menegaskan bahwa keputusan itu perlu diambil untuk membela hak asasi manusia dan memerangi terorisme dan korupsi yang merajalela di wilayah tersebut. (rmol/jpnn)

Amerika Serikat memangkas bantuan luar negeri Pakistan sebesar 440 juta dolar AS di tengah ketegangan yang terjadi di Kashmir.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close