Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Amerika: Tiongkok Berlagak Seperti Bully di Laut China Selatan

Senin, 04 November 2019 – 23:58 WIB
Amerika: Tiongkok Berlagak Seperti Bully di Laut China Selatan - JPNN.COM
Peta wilayah Laut China Selatan (LCS). Ilustrasi: The Economist

jpnn.com, BANGKOK - Utusan Amerika Serikat (AS) untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Robert O'Brien mengkritik tindakan Tiongkok di Laut China Selatan. Menurutnya, perilaku Tiongkok di wilayah sengketa itu mirip perundung alias bully.

Menurut dia, konflik di wilayah perairan tersebut harus diselesaikan dengan cara damai antara Tiongkok dengan negara-negara Asia Tenggara.

"Menurut kami, sengketa itu jangan ditangani dengan intimidasi atau milisi maritim atau memagari pulau-pulau," kata O'Brien.

Dia menilai aksi Tiongkok yang menggedepankan intimidasi militer tidak cocok lagi di abad ke-21. Dia pun berjanji Amerika Serikat akan membantu menyelesaikan masalah ini.

Menurut O'Brien, Washington tengah berupaya membangun hubungan luar biasa dengan Tiongkok. Dia mengatakan, kedua belah pihak hampir mencapai satu perjanjian untuk mulai menghentikan perang dagang 16 bulan antara dua ekonomi terbesar dunia. (ant/dil/jpnn)

Utusan Amerika Serikat (AS) untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Robert O'Brien mengkritik tindakan Tiongkok di Laut China Selatan.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close