Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak Lebih Suka Makan Saat Cemas

Kamis, 26 Juni 2014 – 14:41 WIB
Anak Lebih Suka Makan Saat Cemas - JPNN.COM

jpnn.com - BANYAK faktor penyebab sulit makan, bukan hanya karena penyakit, tetapi juga lantaran masalah psikis.

Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa anak-anak lebih suka makan di saat mereka merasa cemas dan stres.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya bullying yang mengakibatkan si anak mengalihkan rasa depresi mereka ke makanan yang tidak sehat, seperti junk food dan lagi-lagi tentunya hal ini akan mengakibatkan si anak rentan terhadap obesitas.

Peneliti Belgia menanyai lebih dari 300 anak-anak yang berusia antara lima hingga sepuluh tahun. Topik yang dibahas termasuk apakah mereka pernah mengalami peristiwa kehidupan yang penuh stres, seperti perceraian orang tua mereka atau bullying dan apa yang mereka rasakan saat itu.

Hasilnya menunjukkan bahwa semakin stres sang anak maka semakin banyak mereka akan mengkonsumsi makanan manis.

"Ketika anda stres maka kadar hormon kortisol juga meningkat dan tentunya hal ini akan menghentikan reaksi tubuh terhadap leptin, hormon yang biasanya memberitahu tubuh ketika kita lapar atau telah cukup," kata peneliti Nathalie Michels, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (25/6).

Oleh karena itu, orang tua dan anak-anak harus mengetahui bahwa stres dapat mempengaruhi perilaku makan seseorang sehingga mereka dapat mengantisipasi hal ini.(fny/jpn)

BANYAK faktor penyebab sulit makan, bukan hanya karena penyakit, tetapi juga lantaran masalah psikis. Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA