Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak yang Mengalami Anemia Rentan Terjangkiti Covid-19

Sabtu, 19 September 2020 – 20:20 WIB
Anak yang Mengalami Anemia Rentan Terjangkiti Covid-19 - JPNN.COM
Ilustrasi COVID-19. Foto: diambil dari covid19goid

jpnn.com, SURABAYA - Dosen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) M. Atoillah Isfandiari mengatakan anak penderita anemia dan malnutrisi memiliki risiko yang sangat rentan terhadap Covid-19.

Kekurangan zat besi pada anak bisa berakibat buruk pada perkembangan anak. Anemia pada anak juga menjadi salah satu ciri bahwa anak kekurangan gizi.

“Anak yang mengalami stunting dan memiliki BMI rendah berisiko tinggi terkena Anemia,” kata  ini.
 
WHO mendefinisikan bahwa anemia adalah suatu kondisi di mana jumlah sel darah merah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan fisiologis tubuh.

Hal tersebut dapat memengaruhi kemampuan darah dalam mengantarkan oksigen. “Anak penderita stunting yang lahir dari ibu dengan anemia memiliki risiko lebih besar daripada anak stunting yang lahir dari ibu tidak anemia,” ujar Atoillah.

Lanjutnya, secara umum, anemia disebabkan oleh berkurangnya sel darah merah secara signifikan. Keadaan tersebut dapat disebabkan oleh pendarahan atau hancurnya sel darah merah secara berlebihan. Selain itu, umur sel darah merah yang singkat akibat pembentukan hemoglobin juga memicu anemia.

"Pada anak-anak, anemia menyebabkan imunitas menurun sehingga mudah terkena infeksi. Sel darah merah mempunyai peran untuk memengaruhi kinerja sistem imun dalam melawan bakteri dan virus,” ungkapnya.

Selain itu, imbuhnya, anemia juga memengaruhi tumbuh kembang anak. Dia melanjutkan, anemia memicu berat badan yang tak kunjung naik dan menurunnya nafsu makan.

Selanjutnya, anemia juga menurunkan kemampuan belajar dan menyebabkan gangguan perkembangan kognitif pada anak. (ngopibareng/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Anemia menyebabkan imunitas menurun pada anak-anak sehingga mudah terkena infeksi covid-19.

Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close