Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anggap Kasus Transjakarta Dimanfaatkan untuk Kampanye Hitam

Pengamat Harapkan Persaingan Sehat di Pilpres

Minggu, 25 Mei 2014 – 03:47 WIB
Anggap Kasus Transjakarta Dimanfaatkan untuk Kampanye Hitam - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Kasus dugaan korupsi pengadaan armada Transjakarta yang tengah disidik Kejaksaan Agung ditengarai telah dimanfaatkan untuk mengikis popularitas Gubernur DKI Joko Widodo yang kini menjadi calon presiden (capres) dari PDIP, Hanura, NasDem dan PKB. Padahal, Jaksa Agung Basrief Arief sudah menegaskan bahwa sampai saat ini proses penyidikan kasus itu belum mengarah pada gubernur yang dikenal dengan sapaan Jokowi tersebut.

Menurut pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Arbi Sanit, akhir-akhir ini sangat kentara adanya upaya untuk membentuk opini bahwa Jokowi terlibat dalam kasus Transjakarta. “Saat ini ada upaya menyerang Jokowi dengan kampanye hitam," kata Arbi kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (24/5).

Lebih lanjut Arbi mengatakan, bukan hal mengejutkan ketika mantan Kadishub DKI, Udar Pristono yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek armada Transjakarta menyebut Jokowi. Arbi menilai Udar seperti para pelaku korupsi lainnya yang melempar tanggung jawab ke atasan.

Arbi justru menilai Udar telah dimanfaatkan oleh lawan politik Jokowi seiring semakin dekatnya pelaksanaan pilpres. “Ini terjadi karena pertarungan menjelang pemilu presiden semakin keras," ulas Arbi.

Lebih lanjut Arbi mengatakan bahwa harusnya persaingan di pilpres tidak dengan menggunakan kampanye hitam, termasuk memanfaatkan kasus dugaan korupsi Transjakarta. Arbi menegaskan bahwa sudah seharusnya kemenangan di pilpres diraih dengan cara yang bermartabat.

Sebelumnya Jaksa Agung BAsrief Arieh mengatakan bahwa dari pemeriksaan terhadap Udar ternyata arah kasus Transjakarta tidak mengarah ke Jokowi. "Jadi sampai dengan kemarin itu pemeriksaan belum atau boleh dikatakan tidak menyangkut kepada Pak Jokowi," kata Basrief, Jumat (23/5).(jpnn)

 

JAKARTA - Kasus dugaan korupsi pengadaan armada Transjakarta yang tengah disidik Kejaksaan Agung ditengarai telah dimanfaatkan untuk mengikis popularitas

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA