Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Angkatan Udara Thailand Makin Kuat, Canggih, Didukung Amerika

Kamis, 26 September 2019 – 08:53 WIB
Angkatan Udara Thailand Makin Kuat, Canggih, Didukung Amerika - JPNN.COM
Angkatan Udara Thailand membeli 8 unit helikopter AH-6i dari Boeing. Foto: Boeing

jpnn.com, BANGKOK - Pemerintah Thailand menggelontorkan Rp 5,6 triliun untuk memodernisasi armada udaranya. Bagian besar dari anggaran itu dihabiskan untuk membeli 8 helikopter serang AH-6i dan sejumlah peralatan canggih lainnya dari Amerika Serikat.

"Helikopter AH-6i ini akan menggantikan armada tua Royal Thai Army (RTA) yang terdiri dari tujuh helikopter Cobra AH-1F," demikian pernyataan Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS (DSCA), dikutip The Defense Post, Selasa (24/9).

Selain mendapat uang, transaksi ini juga menguntungkan AS dari aspek geopolitik. Menurut DSCA, penjualan senjata ke Thailand merupakan bagian dari strategi AS meningkatkan kekuatan militer sekutu non-NATO di wilayah Indo-Pasifik.

Lebih lanjut, DSCA mengungkapkan penjualan ini juga bertujuan untuk mendukung kebijakan luar negeri dan keamanan nasional AS dengan membantu meningkatkan keamanan sekutu non-NATO, utamanya di wilayah Indo-Pasifik.

Selain 8 unit AH-6i, Thailand juga diketahui memesan 10 unit M299 Longbow Hellfire, 50 unit rudal Hellfire AGM-114R, 10 peluncur roket M260, dan 200 roket berpemandu Advanced Precision Kill Weapon System (APKWS). Perkiraan total biaya program modernisasi ini adalah 400 juta dolar AS dengan kontraktor utamanya adalah Boeing. (rmol/jpnn)

Pemerintah Thailand menggelontorkan Rp 5,6 triliun untuk memodernisasi armada udaranya. Bagian besar dari anggaran itu dihabiskan untuk membeli peralatan tempur canggih dari Amerika

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close