Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Angkutan Lebaran 2024: 3 Kapal Penyeberangan di Gorontalo Siap Beroperasi

Kamis, 07 Maret 2024 – 22:38 WIB
Angkutan Lebaran 2024: 3 Kapal Penyeberangan di Gorontalo Siap Beroperasi - JPNN.COM
Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Gorontalo, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan melakukan Inspeksi Keselamatan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) di Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo pada Rabu (6/3) dan Pelabuhan Penyeberangan Marisa pada Kamis (7/3). Foto dok Kemenhub

jpnn.com, GORONTALO - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Gorontalo, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan melakukan Inspeksi Keselamatan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) di Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo pada Rabu (6/3) dan Pelabuhan Penyeberangan Marisa pada Kamis (7/3).

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Gorontalo, Dominggus menuturkan pihaknya menyiapkan dua kapal yang akan beroperasi di Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo, yakni Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Moinit dan KMP Tuna Tomini. Selain itu, telah disiapkan juga satu kapal di Pelabuhan Penyeberangan Marisa yaitu KMP Cengkih Afo.

Ketiganya telah dilakukan rampcheck kemudian dinyatakan lulus uji kelaikan dan siap beroperasi pada momen angkutan lebaran tahun ini.

“Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik lebaran, kapal sudah kami rampcheck dan hasilnya sudah sesuai standar dan dapat digunakan oleh masyarakat umum,” ujar Dominggus.

Dirinya menguraikan pemeriksaan kapal meliputi pemeriksaan keselamatan penumpang, baik dari tempat tidur penumpang, life jacket, life buoy, peralatan P3K dan alat penunjang keselamatan penumpang lainnya.

"Inspeksi keselamatan atau rampcheck sangat penting untuk dilakukan dan bertujuan untuk mengecek kelaikan kapal dalam melakukan pelayaran selama angkutan lebaran tahun 2024 demi terciptanya keselamatan," jelasnya.

Adapun kapasitas penumpang yang bisa diangkut oleh KMP Moinit berjumlah 196 penumpang beserta kendaraan roda dua dan roda empat, sedangkan untuk KMP Tuna Tomini dan KMP Cengkeh Afo masing-masing dapat mengangkut sebanyak 220 penumpang dan kendaraan. Hal ini berdasarkan Sertifikat Keselamatan Kapal Penumpang (SKKP).

“Saya berharap, angkutan lebaran tahun ini berjalan dengan lancar dan aman, sehingga pelayanan kepada pengguna jasa dapat dimaksimalkan,” serunya.(chi/jpnn)

Ketiga kapal telah dilakukan rampcheck kemudian dinyatakan lulus uji kelaikan dan siap beroperasi pada momen angkutan lebaran tahun ini.

Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close