Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AS Coret Indonesia dari Negara Berkembang, Ini Respons Bamsoet

Senin, 24 Februari 2020 – 18:20 WIB
AS Coret Indonesia dari Negara Berkembang, Ini Respons Bamsoet - JPNN.COM
Bamsoet kembali menyalurkan bantuan sosial kepada warga terkena musibah banjir di Kelurahan Cililitan Kecil, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/1). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong pemerintah Indonesia untuk memperkuat daya saing ekspor sehingga pasar ekspor Indonesia di AS memiliki daya saing. "Mengingat selama ini Indonesia mendapatkan keringanan bea masuk ke AS," kata Bamsoet, Senin (24/2).

Pernyataan itu diungkapkan Bambang menanggapi kebijakan Amerika Serikat (AS) yang mencoret Indonesia dari daftar negara berkembang.

Bamsoet --sapaan Bambang Soesetyo-- mendorong pemerintah untuk menyiapkan strategi dalam menghadapi situasi terkini dengan memperkuat ekspor ke pasar nontradisional sebagai salah satu cara untuk meningkatkan laju ekspor. "Ini mengingat pasar AS dengan berbagai gejolak yang terjadi sudah tidak dapat diandalkan," kata wakil ketua umum Partai Golkar itu.

Selain itu, Bamsoet juga mendorong pemerintah untuk meningkatkan kinerja ekspor terutamaa di sektor nonmigas dengan meningkatkan mutu dan kualitas dari komoditas nasional. Yang tak kalah penting, menurut Bamsoet, Indonesua harus membangun hubungan diplomasi yang baik dengan negara-negara yang dapat membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia. "Sehingga kinerja neraca perdagangan Indonesia dapat meningkat," ujar dia.

Mantan ketua DPR itu menuturkan pemerintah harus fokus dalam mempertahankan konsumsi domestik guna membebaskan dari middle income trap. (boy/jpnn)

Bamsoet juga mendorong pemerintah untuk meningkatkan kinerja ekspor terutamaa di sektor nonmigas dengan meningkatkan mutu dan kualitas dari komoditas nasional.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close