Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Australia Siapkan Jenis Visa Baru Pencari Suaka

Rabu, 03 Juni 2015 – 07:30 WIB
Australia Siapkan Jenis Visa Baru Pencari Suaka - JPNN.COM

Rencana pemerintah Australia untuk menerbitkan jenis visa bernama Safe Haven Enterprise Visa disambut baik ribuan pencari suaka yang saat ini sedang dalam masa tunggu. Syaratnya, harus tinggal di pedalaman, bukan di kota.

Khusus di negara bagian New South Wales saja, terdapat sekitar 8.000 orang yang berada dalam status pencari suaka dan diperbolehkan tinggal dengan visa sementara.

Dengan visa jenis baru tersebut, maka terhitung sejak 1 Juli 2015, para pencari suaka ini berhak untuk bermohon visa ini dengan syarat harus bekerja atau belajar di daerah pedalaman, bukan di perkotaan.

Visa Safe Haven Enterprise tersebut mensyaratkan para pemohon untuk bersedia tinggal di kota-kota pedalaman di luar Sydney, Sydney, Newcastle, atau Wollongong.

Kebijakan ini, menurut Steven Glass dari Sydney Asylum Seeker Centre, merupakan kabar baik bagi para pencari suaka.

"Para pencari suaka memiliki sejarah panjang yang baik saat mereka tinggal di wilayah pedalaman dan juga disambut baik oleh warga setempat,' katanya.

Namun Peter Darley dari Farmers Horticulture Committee menyatakan meskipun langkah ini sangat baik, namun harus ada kepastian lapangan kerja di wilayah pedalaman.

"Kita harus memastikan bahwa ada jaminan lapangan kerja bagi orang-orang ini, sebab pekerjaan musiman bukanlah jaminan," katanya.

Rencana pemerintah Australia untuk menerbitkan jenis visa bernama Safe Haven Enterprise Visa disambut baik ribuan pencari suaka yang saat ini sedang

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close