Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Awas, BMKG Punya Peringatan Serius untuk Wilayah Ini, Jangan Disepelekan!

Minggu, 12 Juni 2022 – 06:45 WIB
Awas, BMKG Punya Peringatan Serius untuk Wilayah Ini, Jangan Disepelekan! - JPNN.COM
BMKG mengeluarkan peringatan serius soal curah hujan sangat tinggi di beberapa wilayah di Indonesia. Ilustrasi banjir bandang: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, KUPANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan perkiraan curah hujan sangat tinggi mengguyur tiga daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Dasarian II Juni 2022.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang BMKG Rahmattulloh Adji menyatakan curah hujan dengan kategori sangat tinggi (lebih dari 300 milimeter) berpeluang melanda sebagian kecil Kabupaten Kupang, Timor Tengah Utara, dan Timor Tengah Selatan.

"Curah hujan sangat tinggi berpotensi memicu terjadi bencana seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor maupun sambaran petir," katanya, seperti dikutip, Minggu (12/6).

BMKG menyebut berdasarkan peta prakiraan deterministik, pada pada Dasarian II Juni 2022 umumnya wilayah NTT akan mengalami curah hujan rendah (0-55 milimeter).

Namun, hanya sebagian kecil wilayah yang diprakirakan mengalami curah hujan sangat tinggi.

Warga yang tinggal di daerah yang diprakirakan mengalami curah hujan sangat tinggi, bisa menampung air hujan untuk menambah persediaan air.

"Kondisi musim kemarau ini rawan terhadap krisis air bersih sehingga perlu persediaan air yang cukup agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi," ucap Adji. (antara/jpnn)

BMKG mengeluarkan peringatan serius soal curah hujan sangat tinggi di beberapa wilayah di Indonesia

Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close