Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Balasan Mendagri buat Kritikan Habib Rizieq soal BPIP

Senin, 26 Agustus 2019 – 23:23 WIB
Balasan Mendagri buat Kritikan Habib Rizieq soal BPIP - JPNN.COM
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dokumen JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membela Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dari kritikan M rizieq Shihab. Tjahjo menyebut imam besar Front Pembela Islam (FPI) yang kondang dengan panggilan Habib Rizieq itu tak paham lembaga yang bertugas membantu presiden dalam merumuskan implementasi ideologi Pancasila terebut.

"Saya kira yang mengkritik BPIP belum paham mengenai fungsi dan tugasnya. Urusan Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika itu sudah final,” ujar Tjahjo kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8).

Sebelumnya Habib Rizieq dalam sebuah video yang diputar saat Milad ke-21 FPI di Rawabadak, Jakarta Utara menyebut pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak paham hakikat Pancasila telah membentuk BPIP. Menurutnya, BPIP diisi oleh orang-orang yang tidak memahami esensi ideologi negara tersebut.

BACA JUGA: Habib Rizieq Sebut Lembaga Pimpinan Megawati Mengganggu Pancasila

Namun, Tjahjo menegaskan bahwa keberadaan BPIP untuk implementasi Pancasila dalam semua kebijakan pemerintahan. “Setiap keputusan politik pembangunan di semua tingkatan itu harus diimplementasikan dengan Pancasila," ucap Tjahjo.

Mantan sekretaris jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu menambahkan, BPIP tersebut berisikan para tokoh termasuk mantan presiden. Menurutnya, kesediaan mereka menjadi bagian BPIP demi menjaga keutuhan bangsa dan negara.

"Kalau ada yang mempermasalahkan BPIP, sama saja permasalahkan Pancasila. Padahal itu (Pancasila, red) sudah final," tegasnya.(fat/jpnn)

Mendagri Tjahjo Kumolo membela Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dari kritikan Imam Besar FPI M Rizieq Shihab alias Habib Rizieq.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close