Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bambang Dukung Kemendikbud Ubah Strategi Pendidikan Pancasila di Sekolah

Kamis, 11 Juli 2019 – 18:45 WIB
Bambang Dukung Kemendikbud Ubah Strategi Pendidikan Pancasila di Sekolah - JPNN.COM
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Foto: DPR

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mendukung rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengubah strategi mengajar pendidikan Pancasila di sekolah. Pola pengajaran diarahkan untuk lebih banyak memberikan contoh mengenai penanaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Mendukung rencana Kemendikbud tersebut dan diharapkan dapat segera diterapkan di seluruh sekolah, mulai dari PAUD hingga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” kata Bamsoet, Kamis (11/7).

Legislator Partai Golkar itu juga mendorong Kemendikbud bersama Dinas Pendidikan memberikan pelatihan kepada guru terkait strategi pengajaran pendidikan Pancasila tersebut.

BACA JUGA: FPKS DPR: Ide Menghapus Pendidikan Agama di Sekolah Kontra Pancasila

Menurut Bamsoet, langkah ini diperlukan supaya setiap guru dapat membangun watak, sikap, dan perilaku anak didiknya sesuai nilai-nilai Pancasila.

Kemendikbud melalui Disdik harus meminta kepada guru agar mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila tidak hanya dalam mata pelajaran saja. Tetapi guru harus ikut serta mencontohkan nilai-nilai dari Pancasila tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

“Terutama di lingkungan sekolah guna membentuk sikap dan menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada anak didik,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan Kemendikbud perlu mengimbau sekolah agar dapat menerapkan sistem reward and punishment dalam penerapan nilai-nilai Pancasila, sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru maupun anak didik dalam kehidupan sehari-hari.(boy/jpnn)

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet mendukung rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengubah strategi mengajar pendidikan Pancasila di sekolah.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close