Alexa Analytics
Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet: Bergeser ke Endemi Menuju Pemulihan

Selasa, 14 September 2021 – 10:49 WIB
Bamsoet: Bergeser ke Endemi Menuju Pemulihan - JPNN.COM
Tangkapan layar Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) membuka sidang paripurna dalam rangka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD dengan agenda mendengarkan pidato presiden penyampaian laporan kinerja lembaga negara dan Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia Senin (16/8/2021). (ANTARA/YouTube Sekretariat Presiden)

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan catatan bahwa hidup berdampingan dengan virus corona sambil mengupayakan pergeseran dari pandemi ke endemi layak ditanggapi sebagai ajakan memulai pemulihan semua aspek kehidupan secara bertahap.

Agar pergeseran ke endemi bisa segera diwujudkan, pria yang akrab disapa Bamsoet itu meminta agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes) dan tetap menjadi faktor kunci.

"Pandemi Covid-19 belum berakhir, tetapi masyarakat Indonesia patut bersyukur karena berbagai upaya dan kerja keras yang dilakukan semua komunitas di bulan-bulan terdahulu telah menunjukan hasil yang menjanjikan," kata Bamsoet.

Kendati penularan Covid-19 masih menjadi ancaman nyata, hasil dari kesungguhan kerja keras itu berbuah progres.

Penambahan kasus baru per hari sudah memasuki level di bawah 5.000 kasus.
Per Senin (13/9), Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan tambahan sebanyak 2.577 kasus baru.

Angka itu melegakan karena jumlah pasien rawat inap pada hampir semua rumah sakit rujukan Covid-19 turun signifikan.

Pencapaian progres dalam menangani pasien dan mengendalikan penularan itu mencerminkan kehendak dan semangat semua elemen masyarakat mengakhiri krisis kesehatan yang sudah memasuki tahun kedua itu.

Semua orang tahu dan mencatat bahwa pencapaian progres yang signifikan itu bukan pekerjaan mudah. Bahkan bagi petugas di lapangan, pekerjaan mereka amatlah sulit dan sarat risiko.

"Karena itu apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya layak diberikan kepada komunitas dokter, semua tenaga kesehatan (Nakes), para relawan serta unsur TNI-Polri yang tak kenal lelah, dan berani berada di garda terdepan dalam ‘perang’ melawan penularan COVID-19," ujarnya.

Penghargaan dan hormat, kata Bamsoet, patut diberikan kepada pemerintah karena bekerja keras sehingga berhasil mendatangkan lebih dari 200 juta dosis vaksin.

Dari hasil kerja keras itulah cukup alasan bagi masyarakat Indonesia segera bersiap dan berancang-ancang untuk bergeser dari pandemi ke endemi.

Namun, dengan bergeser ke endemi, siapa pun tidak pernah boleh berasumsi bahwa penularan wabah virus corona telah berakhir.

Sebaliknya, dengan bergeser ke endemi, masyarakat diingatkan untuk selalu menyadari dengan pergeseran itu berarti semua orang sedang hidup berdampingan dengan virus corona yang gampang menular itu.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan catatan bahwa hidup berdampingan dengan virus corona sambil mengupayakan pergeseran dari pandemi ke endemi.


BERITA LAINNYA