Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bamsoet: Wujudkan Zero Covid-19 agar Ibadah Haji Dapat Terlaksana

Kamis, 30 April 2020 – 13:15 WIB
Bamsoet: Wujudkan Zero Covid-19 agar Ibadah Haji Dapat Terlaksana - JPNN.COM
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap pelaksanaan ibadah haji tahun ini tetap bisa berlangsung dan tidak terhalang pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Bamsoet meminta semua elemen masyarakat harus patuh dan konsisten menerapkan pembatasan sosial guna menurunkan jumlah pasien Covid-19 di dalam negeri.

“Keberhasilan masyarakat Indonesia memutus rantai penularan Covid-19 akan membuka akses bagi calon jemaah beribadah haji di Kota Suci Makkah pada tahun ini. Untuk memenuhi harapan para calon jemaah haji Indonesia, tak ada pilihan lain kecuali kerja lebih keras dan bersungguh-sungguh menurunkan jumlah pasien di dalam negeri. Bahkan, kalau bisa hingga ke level zero Covid-19," ujar Bamsoet di Jakarta, Kamis (30/4/2020).

Mantan Ketua DPR RI ini menuturkan Kerajaan Arab Saudi telah melakukan survei persiapan pelaksanaan ibadah Haji tahun 2020. Survei dilaksanakan oleh World Hajj and Umrah Convention (WHUC) di 25 negara pengirim jemaah haji, termasuk Indonesia.

Survei oleh WHUC itu bertujuan mendapatkan informasi tentang langkah atau kebijakan setiap negara mengendalikan dan mencegah penularan Covid-19. Survei yang sama juga ingin mengetahui kesiapan negara jika harus ada karantina sebelum perjalanan dan ketika tiba di Saudi Arabia.

“Survei ini memberi titik terang bagi pelaksanaan ibadah haji tahun ini, setelah sebelumnya tak menentu akibat pandemi global Covid-19. Arab Saudi akan membuka akses bagi jemaah haji Indonesia jika upaya memutus rantai penularan Covid-19 di dalam negeri menunjukkan kecenderungan yang makin positif," kata Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, survei WHUC menjadi angin segar bagi ratusan ribu calon jemaah haji Indonesia sudah lama melakukan persiapan. Tahun ini, kuota haji Indonesia terdiri dari 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 kuota haji khusus. Termasuk satu persen di antaranya atau 2.040 kuota khusus untuk jemaah lansia.

“Momentum survei persiapan haji oleh Arab Saudi ini hendaknya dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat, para ulama dan tokoh agama. Bahu-membahu bersama pemerintah, para ulama dan tokoh masyarakat hendaknya makin aktif mengajak umat untuk selalu patuh dan konsisten melaksanakan pembatasan sosial untuk memutus rantai penularan Covid-19," pungkas Bamsoet.(jpnn)

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet berharap pelaksanaan ibadah haji tahun ini tetap dapat berlangsung dan tidak terhalang pandemi Covid-19.

Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close