Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bandung : Sediakan Gerbong Khusus Ibu Hamil

Minggu, 29 Agustus 2010 – 13:53 WIB
Bandung : Sediakan Gerbong Khusus Ibu Hamil - JPNN.COM
BANDUNG  - Mengantisipasi lonjakan penumpang Lebaran ke arah timur, PT Kereta Api Daop 2 Bandung akan menambah dua aramada kereta Pasundan(Kiaracondong-Surabaya ) dan Kutojaya Kiaracondong-Kutoarjo). Sedangkan untuk memberikan kenyamanan, PT KA akan menambah satu gerbong khusus lansia dan ibu hamil pada KA kelas ekonomi.

Humas Daop 2 Kota Bandung Bambang S mengatakan, untuk mencegah gerbong khusus tidak dimasuki dua kalangan tersebut, pihaknya akan tim pengamanan. "Ya, bisa saja penumpang yang tidak kebagian tiket merangsek ke gerbong itu. Makanya, kami akan betuk tim khusus pula," ujar Bambang . Selain itu, pihaknya akan menyediakan posko kesehatan, keamanan dan gerai makanan. Rencananya, PT KA juga akan bekerja sama dengan rumah zakat untuk memudahakan pemudik yang belum menunaikan kewajiban zakatnya.

Sedangkan antisipasi tidak adanya penumpang yang naik di atas gerbong, PT KA akan membatasi lonjakan penumpang pada batas 50 persen saja. "Tahun lalu, lonjakan penumpang mencapai 100 persen dari hari biasa, tapi khusus tahun ini, kami batasi hingga 50 persen saja," ujar Bambang. Untuk menghadapi kesalahan teknis maupun keterlamabatan, pihaknya merencanakan penambahan kereta cadangan. "Kami sudah menyiapkan biaya penggantian atas keterlamabatan maupun kesalahan tekhis, namun kami berupaya agar tak sampai menggunakan bus," tegasnya.

Bambang memperkirakan, puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 (Rabu,8/9). Sedangkan puncak arus balik pada H+7 (Sabtu, 18/9). "Tiket kereta ekonomi dijual mulai H-2, sedangkan bisnis dan eksekutif sudah sudah ludes terjual," pungkasnya. (mg2)

BANDUNG  - Mengantisipasi lonjakan penumpang Lebaran ke arah timur, PT Kereta Api Daop 2 Bandung akan menambah dua aramada kereta Pasundan(Kiaracondong-Surabaya

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close