Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banggar Belum Restui Pemangkasan Anggaran Lewat Inpres

Selasa, 06 September 2016 – 23:38 WIB
Banggar Belum Restui Pemangkasan Anggaran Lewat Inpres - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Badan Anggaran DPR belum menyepakati rencana pemerintah memotong anggaran kementerian dan lembaga (K/L) melalui Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2016.

Hal ini dikatakan Anggota Banggar DPR M Nizar Zahro, terkait pemotongan Rp 133 triliun lebih APBN Perubahan 2016. Penggunaan Inpres untuk merombak Undang-undang APBN dinilai banyak kalangan sebagai pelanggaran.

"Di Banggar belum ada persetujuan masalah pemotongan anggaran, karena di dalam keputusan yang telah disepakati adalah self blocking (blokir mandiri)," kata Nizar di DPR, Selasa (6/9).

Pemerintah, katanya, memastikan anggarannya tidak dicairkan melalui blokir mandiri dalam rangka pemghematan dan pemotongan belanja dengan identifikasi secara mandiri terhadap program/kegiatan di dalam rencana kerja dan anggaran K/L tahun anggaran 2016

"Namanya juga diblok sendiri oleh pemerintah berarti kan nggak bisa cair," jelas politikus Gerindra itu.

Keputusan menerbitkan Inpres tersebut menurutnya agar pemerintah bisa menyesusaikan dan menjaga defisit anggaran tidak melebihi ambang batas 3 persen. Bila melewati batas tersebut maka melanggar UU 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

"Memang cukup inpres saja. Beda dengan dana transfer daerah karena pemerintah memakai bahasa menunda dari September sampai Desember, baru dicairkan Januari," tambahnya.(fat/jpnn)

JAKARTA - Badan Anggaran DPR belum menyepakati rencana pemerintah memotong anggaran kementerian dan lembaga (K/L) melalui Instruksi Presiden Nomor

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close