Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bank Mandiri Biayai Distributor Semen Gresik

Rabu, 13 Agustus 2008 – 12:29 WIB
Bank Mandiri Biayai Distributor Semen Gresik - JPNN.COM
JAKARTA-Bank Mandiri memberikan solusi transaksi perbankan kepada Semen Gresik berupa penyediaan Fasilitas Non Cash Loan dan Kerjasama Pembiayaan Distributor. Bank Mandiri menyetujui tambahan plafon Non Cash Loan (NCL) kepada Semen Gresik menjadi USD.50 juta (sebelumnya USD.10 juta). Selain itu Bank Mandiri juga menyediakan Rp400 milyar yang ditujukan kepada para distributor Semen Gresik berupa pembiayaan NCL (Bank Garansi) maupun Cash Loan (CL) Kredit Modal Kerja.

jpnn.com - Kedua hal tersebut dikukuhkan dalam penandatanganan Perjanjian yang dilakukan oleh Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo dan Direktur Utama Semen Gresik Dwi Soetjipto di Plaza Mandiri, Jakarta.

“Saat ini Semen Gresik menguasai 44% pasar semen nasional dengan kapasitas 17,7 juta ton juni di 2008, dengan 70 distributor besar dan ribuan sub distributor tersebar di seluruh Indonesia,” kata Dwi. Dengan peningkatan limit tersebut maka Semen Gresik mempunyai fleksibilitas untuk mengembangkan operasional usaha terutama dalam pembelian barang impor.

“Fasilitas NCL tersebut akan kami gunakan untuk transaksi impor bahan baku, bahan bakar, dan spare part. Jaminan yang kami berikan berupa persediaan dengan nilai pengikatan fiducia sebesar 143% dari limit NCL,” jelasnya.

Agus Martowardojo, mengatakan, selain memberikan plafon fasilitas NCL sebesar USD50juta, Bank Mandiri juga menyediakan kredit berupa Sub Limit Trust Receipt sebesar 50% dari limit NCL atau sebesar USD25juta.

“Kami yakin Semen Gresik mempunyai kapasitas pengembalian yang tidak diragukan, hal ini ditunjukkan dengan reputasi dan kinerja keuangan yang sangat baik sehingga penyediaan Sub Limit Trust ReceiptSementara itu, berkaitan Perjanjian Kerjasama Pembiayaan Distributor dengan Semen Gresik, Bank Mandiri memberikan plafon sebesar Rp400 milyar. Dalam kerjasama tersebut, Bank Mandiri menyediakan bentuk skim khusus fasilitas kredit yaitu berupa fasilitas Bank Garansi dan Kredit Modal Kerja untuk pembelian dan pembayaran tagihan semen dari Distributor kepada Semen Gresik.

Kerjasama ini bermanfaat bagi Semen Gresik untuk percepatan kepastian pembelian semen dan collection piutang sehingga akan memperbaiki model bisnis dan cash flow Semen Gresik. Sedangkan bagi Distributor adalah fleksibilitas transaksi dan efisiensi karena Bank Mandiri dapat menyediakan plafon Bank Garansi sesuai kebutuhan omset usaha dan penerapan fee Bank Garansi yang sangat bersaing.

”Distributor yang dapat mengajukan pembiayaan ke Bank Mandiri adalah distributor yang direkomendasikan oleh pihak Semen Gresik. Selanjutnya Unit Commercial Banking dan Small Business Bank Mandiri yang tersebar di wilayah-wilayah strategis di Indonesia akan memudahkan distributor Semen Gresik memperoleh layanan pembiayaan tersebut,” kata Agus Martowardojo.(wid)

JAKARTA-Bank Mandiri memberikan solusi transaksi perbankan kepada Semen Gresik berupa penyediaan Fasilitas Non Cash Loan dan Kerjasama Pembiayaan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close