Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bantu UMKM Naik Kelas, Dosen FE UI Gelar Pelatihan

Kamis, 16 November 2023 – 00:25 WIB
Bantu UMKM Naik Kelas, Dosen FE UI Gelar Pelatihan - JPNN.COM
Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM sektor kuliner yang tergabung dalam Komunitas Jaringan Wirausahawan (JAWARA) Kota Depok. Foto: dokumentasi FE UI

jpnn.com, JAKARTA - Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM sektor kuliner yang tergabung dalam Komunitas Jaringan Wirausahawan (JAWARA) Kota Depok.

Hal itu Dalam rangka membantu Program Pemerintah untuk mendukung UMKM.

Acara pelatihan yang didukung oleh Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia (DPPM UI) itu dilaksanakan pada Senin (30/10) lalu.

Pelatihan bertemakan “Kurasi Produk untuk UMKM Sektor Kuliner” itu diadakan di Ruang Apung Perpusatakaan Universitas Indonesia dan dihadiri oleh 30 orang anggota dari JAWARA Depok.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Hapsari Setyowardhani Hapsari Setyowardhani mengatakan bahwa UMKM perlu mempersiapkan legalitas, meningkatkan kualitas produk dan juga kemasan, sebagai persyaratan ketika akan mengikuti program “Kurasi Produk”.

“Kurasi produk ini semacam program seleksi produk UMKM terbaik, yang nantinya akan dipilih untuk ditempatkan di ritel modern (seperti minimarket dan supermarket), untuk keperluan pameran, ekspor, dan lain-lain,” ucap Hapsari dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/11).

Sepanjang pelatihan, para peserta disebut antusias dalam mengajukan berdiskusi, terutama yang terkait dengan teknis dan cara mengurus legalitas seperti Sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (SP-IRT), Sertifikat BPOM, dan Sertifikat Halal.

“Semoga ke depannya, akan ada program lain sebagai tindaklanjut dari program pelatihan ini, misalnya pelatihan tentang bagaimana mempersiapkan ekspor untuk UMKM,” ucap  Manih, salah satu peserta pelatihan. (mcr4/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM sektor kuliner.

Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close