Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyak Banget Pengaduan Kasus Korupsi dari Jatim

Kamis, 08 Maret 2018 – 07:09 WIB
Banyak Banget Pengaduan Kasus Korupsi dari Jatim - JPNN.COM
KPK. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil ketua KPK Laode M Syarif mengatakan, kasus dugaan korupsi yang melibatkan sejumlah calon kepala daerah, tak hanya berasal dari pemantauan transaksi mencurigakan melalui PPATK. Tapi ada juga yang berasal dari laporan publik yang masuk ke KPK.

”Dari beberapa (kasus yang ditangani KPK, Red) itu, salah satunya ya berasal dari laporan masyarakat,” kata Laode usai menghadiri Rakor dan Penandatanganan Komitmen Pemberantasan Korupsi Terintegrasi di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (7/3).

Laode menyebut bahwa sejumlah laporan yang tengah ditangani KPK itu berasal dari pengaduan asal Jatim. ”Tadi kan laporannya ada juga yang dari Jatim,” katanya.

Dalam acara itu, Laode sempat membeber sejumlah pengaduan dugaan korupsi yang masuk ke KPK, terutama di wilayah Jatim.

Dari data yang dipaparkan, selama tiga tahun terakhir, tercatat ada 1.772 laporan yang telah diterima oleh lembaga antirasuah itu.

Dari data pengaduan yang masuk ke KPK mulai tahun 2015-2018, laporan terbanyak terjadi pada tahun 2017 sebanyak 605 laporan.

Sementara itu, selama 2018, tercatat sudah ada 86 laporan baru yang diterima KPK. Dari semua laporan yang masuk itu, yang cukup dominan adalah laporan terkait dugaan penyalahgunaan wewenang oleh pejabat. (698 kasus). (ris)

Laode Syarif mengatakan, sejumlah pengaduan dugaan korupsi masuk ke KPK, sebagian dari wilayah Jawa Timur.

Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close