Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyak Guru Honorer Kuliah Jarak Jauh

Sabtu, 05 Mei 2018 – 00:45 WIB
Banyak Guru Honorer Kuliah Jarak Jauh - JPNN.COM
Guru mengajar di sebuah sekolah di daerah terpencil. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, TANGSEL - Jumlah guru honorer dan guru bantu yang kuliah di Universitas Terbuka (UT) ternyata cukup banyak. Dari 50 ribu guru yang kuliah di UT, sebagian besar adalah honorer dan guru bantu. Usia mereka saat masuk rerata 25 sampai 40 tahun.

"Akhir-akhir ini rata-rata dalam satu semester sekitar 50 ribuan guru yang masuk Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UT. Kebanyakan honorer, tapi ada juga guru PNS yang melanjutkan ke kompetensi jenjang berikutnya S1," kata Rektor UT Prof Ojat Darojat di sela pertemuan para Wakil Rektor I PTN Barat di Kampus UT, Tangerang Selatan, Jumat (4/5).

Sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), lanjutnya, guru honorer lulusan UT banyak yang diangkat jadi PNS. Selama ini tidak ada keluhan terkait kualitas guru lulusan UT.

Apalagi Civil Effect ijazah dari UT sama dengan perguruan tinggi lainnya. Karena UT adalah PTN dan program studi yang ditawarkan sudah diakreditasi dari BANPT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

"Kami tidak pernah menawarkan program studi yang tidak direstui oleh BANPT," sergahnya.

Ojat membeberkan, kualitas guru lulusan UT bagus-bagus. Ini didasarkan pada riset yang dilakukan lembaga di bawah Kemendikbud. Di mana banyak kepala sekolah yang menyatakan kinerja guru-guru lulusan UT baik. Itu pernah dilakukan penelitian sekali.

"Jadi guru honorer lulusan FKIP UT yang lolos seleksi ya layak jadi PNS. Kalau mereka bagus ya kenapa tidak? Kan banyak juga guru-guru honorer dari daerah, yayasan," tandasnya. (esy/jpnn)

 

Dari sekitar 50 ribu guru yang kuliah di FKIP Universitas Terbuka, terbanyak mayoritas merupakan guru honorer dan guru bantu.

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close