Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Basarah Bangga Senior GMNI Beri Kesempatan Kaum Muda

Minggu, 09 Agustus 2015 – 09:01 WIB
Basarah Bangga Senior GMNI Beri Kesempatan Kaum Muda - JPNN.COM
Ketua Umum Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Ahmad Basarah saat menyampaikan kata sambutan jelang penutupan kongres III di Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (8/8) malam. Foto: istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Politikus muda PDI Perjuangan, Ahmad Basarah terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dalam kongres III di Jakarta yang berlangsung 7-8 Agustus. Mantan sekretaris jenderal PA GMNI itu merasa bangga karena organisasinya memberi peluang pada kalangan muda untuk memimpin.

Berbicara saat menyampaikan kata sambutan usai dilantik sebagai ketua umum PA GMNI dalam pleno kongres di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (8/8), Basarah mengaku sempat khawatir pencalonannya akan seperti calon tunggal di pilkada. Sebab, Basarah menjadi satu-satunya calon yang maju dalam pemilihan ketua umum PA GMNI.

“Saya nyaris berpikir bahwa karena katanya hanya ada calon tunggal di GMNI, akan nyaris seperti pilkada yang diundur hingga 2017. Tadinya saya pikir kongres ini ditunda,” katanya.

Ternyata, sambung wakil sekjen PDIP itu, yang terjadi adalah justru aklamasi untuk menetapkannya sebagai  ketua umum PA GMNI menggantikan Soekarwo. Padahal, katanya, dalam dua kongres PA GMNI sebelumnya selalui dilakukan voting untuk memilih ketua umum.

Tapi kali ini ternyata yang terjadi justru PA GMNI mengedepankan musyawarah. “Saya bangga terpilih secara aklamasi,” tandasnya.

Menurutnya, proses itu juga menunjukkan bahwa para senior GMNI memberi peluang kepada kalangan yang lebih muda untuk maju memimpin. Sebab, dua ketua umum PA GMNI sebelumnya terpilih ketika sudah berusia di atas 60 tahun.

“Paradigma senior mulai berpikir regenerasi di jajaran pengurus PA GMNI. Hormat saya kepada para senior karena pemimpin ternyata tidak harus senior tapi kita yang muda diberi kesempatan,” ujar politikus yang menginjak usia ke-47 pada 16 Juni lalu.

Selain itu Basarah juga membanggakan kongres PA GMNI yang pembukannya dihadiri Presiden Joko Widodo dan Megawati Soekarnoputri. “Tidak pernah terjadi kongres GMNI dihadiri presiden kelima dan ketujuh,” ucapnya.(ara/jpnn)

JAKARTA - Politikus muda PDI Perjuangan, Ahmad Basarah terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA