Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Entikong Bersinergi dengan Aparat Penegak Hukum dan Pemda

Selasa, 20 Agustus 2019 – 11:25 WIB
Bea Cukai Entikong Bersinergi dengan Aparat Penegak Hukum dan Pemda - JPNN.COM
Jajaran Bea Cukai Entikong bersama aparat penegak hukum dan pemerintah daerah di Entikong, Kalimantan Barat. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, ENTIKONG - Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan menyambut HUT ke-74 RI, menegaskan Indonesia tidak gentar menghadapi persaingan global. Sumber daya manusia (SDM) yang unggul memiliki kreativitas, inovasi, dan kecepatan untuk bersaing secara global sehingga mampu melompati bangsa-bangsa lain di dunia.

Hal ini senada dengan visi Bea Cukai yakni menjadi institusi kepabeanan dan cukai terkemuka di dunia, yang dapat tercapai salah satunya dengan cara menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat Indonesia dari penyelundupan dan perdagangan ilegal.

Dalam menjalankan tugas tersebut, dibutuhkan semangat yang tinggi, konsistensi, dan dukungan yang kuat dari berbagai kalangan. Untuk itu, Bea Cukai menjalin koordinasi dan memperkuat sinergi aparat penegak hukum dan pemerintah daerah, seperti yang dilaksanakan Bea Cukai Entikong dengan melaksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 di Pos Lintas Batas Segumon bersama Satgas Pamtas TNI AD, Kepolisian, Aparatur Desa, dan masyarakat Segumon, pada Sabtu (17/8) lalu.

BACA JUGA: Bea Cukai Pangkalpinang Menggagalkan Penyelundupan 3,6 Sabu-sabu dan 5.000 Butir Esktasi

Kepala Kantor Bea Cukai Entikong, P. Dwi Jogyastara mengungkapkan tujuan upacara ini. Menurutnya, upacara ini dilaksanakan di batas paling ujung Indonesia sebagai wujud kedaulatan mutlak terhadap setiap jengkal tanah ibu pertiwi dan kehadiran pemerintah bagi masyarakat perbatasan yang sesuai dengan tema perayaan kemerdekaan tahun ini yaitu SDM Unggul, Indonesi Maju.

Ia pun menekankan pentingnya sinergi antaraparat penegak hukum dan masyarakat untuk menjaga perbatasan negara.

“Kami sudah siap melakukan pengawasan dan kontrol kawasan perbatasan Entikong, namun kami juga membutuhkan dukungan dari masyarakat dan instansi terkait lainnya,” katanya.

Selain itu, ia juga berharap Bea Cukai Entikong dapat menjalin komunikasi yang erat, serta untuk menjalankan fungsi kebeacukaian yang begitu kompleks tentunya perlu dukungan dan sinergi tidak hanya dari internal bea cukai melainkan dari pihak-pihak eksternal yang terkait khususnya pemerintah daerah untuk dapat saling bekerja sama untuk membangun Kalimantan Barat.(adv/jpnn)

Bea Cukai mempunyai visi yakni menjadi institusi kepabeanan dan cukai terkemuka di dunia. Salah satu cara mewujudkan visi tersebut dengan cara menjaga perbatasan dan melindungi masyarakat Indonesia dari penyelundupan dan perdagangan ilegal.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close