Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Belanja Makan Lapas Rp. 1,4 M per Hari

Kamis, 18 Desember 2008 – 20:02 WIB
Belanja Makan Lapas Rp. 1,4 M per Hari - JPNN.COM
Foto : Agus Srimudin/JPNN
JAKARTA - Dirjen Pemasyarakatan harus lebih banyak menghemat. Persoalan makan harus diantisipasi karena ledakan jumlah penghuni penjara terdiri dari tahanan dan narapidana yang kian membeludak. Menurut catatan Dirjenpas, dalam sehari untuk makan saja bisa telan duit negara Rp1,4 miliar.

”Ya, lapas-lapas kita yang tersebar di seluruh Indonesia umumnya sudah over capacity. Biasanya tipe 1 untuk satu orang diisi lebih dari satu orang, begitu juga tipe 3, tipe 5, dan tipe 7,” terang Kepala Humas Dirjenpas M Akbar Hadiprabowo kepada JPNN, di Jakarta, Kamis (18/12)

Diceritakannya, membeludaknya penghuni Lapas berpengaruh terhadap uang negara yang harus dikeluarkan untuk mengurus tahanan dan napi. ”Sekarang ini ada 140 ribu penghuni Lapas. Misalnya dalam sehari jatah makan perorang Rp10 ribu, berarti dalam sehari itu uang yang harus dikeluarkan untuk makan saja capai Rp1,4 miliar. Belum lagi kebutuhan lain seperti MCK,” bebernya.

Idealnya, lanjut Akbar, penghuni lapas itu disesuaikan dengan kapasitas ruangan yang disediakan. ”Kalau totalnya, se-Indonesia baru bisa dikatakan ideal sekitar 80 ribu penghuni napi dan tahanan,” ungkapnya.(gus/jpnn)

JAKARTA - Dirjen Pemasyarakatan harus lebih banyak menghemat. Persoalan makan harus diantisipasi karena ledakan jumlah penghuni penjara terdiri dari

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA