Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berantas Rokok Ilegal, Bea Cukai Kudus Amankan Mobil dan Bangunan

Senin, 20 Januari 2020 – 20:08 WIB
Berantas Rokok Ilegal, Bea Cukai Kudus Amankan Mobil dan Bangunan - JPNN.COM
Petugas Bea Cukai mengamankan rokok ilegal. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, KUDUS - Bea Cukai Kudus mengamankan sebuah sarana pengangkut roda empat berwarna hitam dan bangunan yang disinyalir digunakan dalam pengemasan dan pengiriman rokok ilegal dari Jepara, pada Kamis (16/1) lalu.

Sebelumnya, petugas menindaklanjuti informasi dari masyarakat akan pengiriman rokok ilegal, petugas melakukan operasi tertutup di sekitar Kecamatan Mayong. Pada pukul 08.20 WIB petugas mendapati sarana pengangkut dengan ciri-ciri sebagaimana informasi tersebut berhenti di sebuah rumah di Desa Buaran, Kecamatan Mayong, Jepara.

Ketika dilakukan pengamatan, tampak kegiatan pemindahan barang berupa karton dari atas sarana pengangkut ke dalam bangunan yang dimaksud. Tak ingin kehilangan kesempatan, para petugas Bea Cukai Kudus dengan cepat dan sigap menghentikan kegiatan tersebut dan melanjutkan pemeriksaan terhadap sarana pengangkut dan bangunan yang dimaksud.

“Awalnya kami hanya berencana menindak sarana pengangkut, tapi setelah kami amati, sarana pengangkut tersebut justru berhenti di depan sebuah rumah yang didalamnya ternyata sedang dilakukan kegiatan nyontong (pengemasan) rokok ilegal,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Kudus Gatot Sugeng Wibowo.

Dari hasil pemeriksaan, petugas berhasil menemukan batangan rokok dan rokok siap edar yang dilekati pita cukai yang diduga palsu dengan jumlah total sebanyak 558.000 batang. Seluruh rokok tersebut tergolong dalam jenis sigaret kretek mesin. Selain itu, petugas juga mendapati pita cukai yang diduga palsu sebanyak 2.454 keping dan alat pemanas sebanyak 9 buah. Seluruh barang hasil penindakan dan para pekerja serta pemilik rumah dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan dan pengamanan lebih lanjut.

“Selama ini banyak rumah warga yang dijadikan tempat nyontong oleh para pelaku usaha rokok ilegal. Kami himbau kepada warga untuk menolak apabila ada seseorang yang menawarkan hal-hal seperti itu, karena perlu kami sampaikan bahwa pemilik rumah dapat dikenai hukuman pidana apabila kedapatan terlibat dalam usaha seperti ini,” pungkas Gatot.(ikl/jpnn)

Bea Cukai Kudus mengamankan mobil dan bangunan yang diduga sebagai tempat pengemasan rokok ilegal.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close