Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berpolitik Dibatasi, Warga Tionghoa Jadi Sukses di Ekonomi

Sabtu, 16 Desember 2017 – 19:09 WIB
Berpolitik Dibatasi, Warga Tionghoa Jadi Sukses di Ekonomi - JPNN.COM
Barongsai yang merupakan kesenian khas warga Tionghoa. Foto: Rendra Kurnia/Radar Banyuwangi

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie mengungkap adanya korelasi antara minimnya kiprah warga Tionghoa di politik dengan kesuksesan di bidang ekonomi. Jimly menyebut kebijakan Orde Baru yang membatasi aktivitas warga Tionghoa di politik membuat mereka kuat di sektor bisnis.

“Mereka sangat aktif selama ini di dunia bisnis. Di politik,  selama Orde Baru betul-betul tidak diberi ruang. Ya akibat positifnya semua sukses di bidang ekonomi," kata Jimly saat seminar Prospek Indonesia 2018 yang digelar Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) di MGK, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12).

Karena itu mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) terebut menginginkan adanya dialog pergaulan yang inklusif antara masyarakat Tionghoa dengan lainnya. Sehingga, nantinya bisa menjadi sebuah pergaulan yang membaur dan akan berdampak dalam mengatasi kesenjangan sosial di antara warga negara.

Berpolitik Dibatasi, Warga Tionghoa Jadi Sukses di Ekonomi

Ketua Umum ICM Jimly Asshiddiqie usai menjadi pembicara seminar Prospek Indonesia 2018 yang digelar Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) di Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12). Foto: istimewa for JPNN

“Saya sarankan membuka dialog dan pergaulan inklusif. Jadi di dunia usaha kalau bisa misalnya para pebisnis dari Tionghoa partnernya orang Jawa. Ini penting supaya pegaulan politik juga begitu," katanya.

Dengan demikian, ujar Jimly, seluruh elemen bangsa bisa bersama-sama mengatasi kesenjangan. "Kesenjangan ini salah satu yang harus diatasi,” kata  Jimly di acara yang juga diharidi Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsudin dan ekonom Rizal Ramli itu.(boy/jpnn)

Ketua Umum ICMI Jimly Asshiddiqie mengungkap adanya korelasi antara minimnya kiprah warga Tionghoa di politik dengan kesuksesan di bidang ekonomi.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close