Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bikin Malu, Mantan Menteri Kesehatan Tilap Dana Penanganan Wabah Ebola

Sabtu, 14 September 2019 – 23:46 WIB
Bikin Malu, Mantan Menteri Kesehatan Tilap Dana Penanganan Wabah Ebola - JPNN.COM
Petugas kesehatan memakai baju pelindung sebelum merawat pasien ebola. Foto: AFP

jpnn.com, KINSHASHA - Mantan menteri kesehatan Kongo Oly Ilunga ditangkap polisi terkait penyelewengan dana tanggap darurat wabah ebola. Dia diduga hendak melarikan diri demi menghindari proses hukum.

Ilunga mengawasi penanganan wabah mematikan itu selama hampir setahun. Namun, pada Juli lalu dia dipecat dari kabinet.

Pada awal September, pengacaranya mengatakan bahwa Ilunga telah ditanyai oleh polisi mengenai perannya dalam tanggap bencana Ebola. Mereka membantah bahwa Ilunga melakukan kesalahan.

"Sayangnya, polisi menerima informasi mengenai menghilangnya Ilunga dengan rencana mencapai Congo-Brazzaville," kata Dinas Pers Kepolisian Kongo dalam keterangan tertulis.

Ilunga, kini berada di dalam tahanan polisi dan akan diadili pada 16 September. Sementara, pengacaranya menolak untuk berkomentar.

Donor asing telah menyediakan dana lebih dari USD 150 juta bagi upaya tanggap Ebola selama satu tahun belakangan ini. Wabah Ebola sejauh ini telah menewaskan lebih dari 2.000 orang di Kongo. (ant/dil/jpnn)

Mantan menteri kesehatan Kongo Oly Ilunga ditangkap polisi terkait penyelewengan dana tanggap darurat wabah ebola. Dia diduga hendak melarikan diri demi menghindari proses hukum.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close