Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Blinken Menghadap Xi Jinping, Joe Biden Bilang Begini soal Relasi AS-China

Selasa, 20 Juni 2023 – 21:56 WIB
Blinken Menghadap Xi Jinping, Joe Biden Bilang Begini soal Relasi AS-China - JPNN.COM
Ilustrasi - Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Foto: REUTERS

jpnn.com, WASHINGTON DC - Hubungan antara Amerika Serikat dan China sudah berada di jalur yang benar setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengunjungi Beijing, kata Presiden AS Joe Biden pada Selasa.

Dalam kunjungan ke negara bagian California untuk mengumumkan dana upaya ketahanan iklim bernilai jutaan dolar AS, Biden mengatakan Blinken membuat kemajuan dalam lawatan dua harinya ke China yang selesai Senin kemarin.

"Saya pikir kita berada di jalur yang benar untuk memastikan bahwa kita akan dapat melakukan keduanya, yakni dunia yang lebih aman karena Amerika terlibat dengan cara yang belum pernah dilakukan di masa lalu, selain memastikan kami memiliki perekonomian yang menguntungkan semua orang," kata Biden.

Biden menilai Blinken sudah menuntaskan pekerjaan dengan baik.

AS dan China sepakat menstabilkan hubungan dan menjaga saluran komunikasi tetap terbuka untuk menghindari konflik terbuka antara kedua negara.

Blinken adalah pejabat negara AS tertinggi yang mengunjungi ibu kota China dalam lima tahun terakhir. Dia bertemu dengan Presiden XI Jinping dan pejabat teras China lainnya.

Hubunga AS dan China memburuk selama pemerintahan Trump karena perang dagang dan sejak itu terus tegang karena klaim Beijing atas Taiwan dan insiden balon mata-mata China. (ant/dil/jpnn)

Hubunga AS dan China memburuk selama pemerintahan Trump karena perang dagang dan sejak itu terus tegang karena klaim Beijing atas Taiwan

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close