Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan Lebat hingga Cuaca Ekstrem

Senin, 17 Mei 2021 – 07:53 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan Lebat hingga Cuaca Ekstrem - JPNN.COM
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat hingga cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia akibat pancaroba. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia pada Senin (17/5).

Berdasarkan laman resmi BMKG.go.id sejumlah wilayah yang akan dilanda hujan lebat yakni sebagian besar Pulau Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Di Pulau Sumatera, BMKG memprediksi hujan lebat terjadi di Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Lampung, dan Sumatera Selatan.

"Di Pulau Kalimantan diprediksi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara," tulis BMKG.

Selanjutnya, di Pulau Sulawesi yakni Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Sulawesi Utara.

"Hujan dapat berpotensi di provinsi lainnya yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat," katanya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode pancaroba, di mana sebagian besar wilayah Indonesia telah mengalami awal musim kemarau 2021 sekitar Mei dan Juni. (antara/jpnn)