Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BNPP Fokus pada 12 Pulau Terluar

Kamis, 11 November 2010 – 14:09 WIB
BNPP Fokus pada 12 Pulau Terluar - JPNN.COM
JAKARTA - Mendagri Gamawan Fauzi selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengatakan, sebagian besar daerah perbatasan merupakan daerah tertinggal. Oleh karenanya, kata Gamawan, sudah saatnya daerah perbatasan mendapat perhatian serius, termasuk dalam aspek pengawasannya.

"Stigma masa lalu telah memberikan kesan bahwa kawasan perbatasan merupakan kawasan yang perlu diawasi secara ketat, karena menjadi tempat persembunyian sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab," ujar Gamawan, saat membuka Lokakarya Nasional BNPP, di Jakarta, Kamis (11/11).

Dijelaskan, dinamika pembangunan yang kurang menyentuh kawasan perbatasan menyebabkan warga di perbatasan miskin dan sebagian malah ada yang berorientasi kepada negara tetangga. Di pihak lain, negara tetangga seperti Malaysia telah membangun pusat-pusat pertumbuhan sepanjang koridor perbatasan, melalui berbagai kegiatan ekonomi dan perdagangan.

"Kondisi ini seringkali bertolak belakang dengan realitas kehidupan masyarakat kita yang berada di kawasan perbatasan," ujar Gamawan.

JAKARTA - Mendagri Gamawan Fauzi selaku Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mengatakan, sebagian besar daerah perbatasan merupakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close