Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Brown Optimis soal Perdamaian Timteng

Rabu, 26 Agustus 2009 – 05:37 WIB
Brown Optimis soal Perdamaian Timteng - JPNN.COM
JUMPA - PM Israel Benjamin Netanyahu dan PM Inggris Gordon Brown saat berjumpa di Downing Street, London, dalam rangka pembicaraan empat mata mereka, terutama terkait soal perdamaian Timur Tengah. Foto: Timesonline.com.
LONDON - Perdana Menteri (PM) Inggris Gordon Brown mengaku merasa optimistis terhadap sasaran perdamaian di kawasan Timur Tengah (Timteng), usai pembicaraannya dengan PM Israel Benjamin Netanyahu. Seperti diberitakan situs BBC, Selasa (25/8) waktu setempat atau Rabu (26/8) dinihari WIB, Brown menegaskan seusai pertemuan di Downing Street itu bahwa Inggris dan Israel adalah "teman sejati".

Namun begitu, Brown juga menekankan bahwa tetap diperlukan sikap realistis dalam upaya memastikan perdamaian abadi di kawasan itu. Sementara itu Netanyahu menyampaikan bahwa pelucutan militer Palestina menjadi suatu hal yang dibutuhkan jika tujuan (perdamaian) itu hendak dicapai.

Dalam konferensi pers usai pertemuan di kantornya itu, Brown mengatakan bahwa ia tak setuju dengan komentar tentang rezim Israel yang baru-baru ini diutarakan oleh pemerintah Iran. Brown pun menambahkan bahwa Inggris dan Israel memiliki kekhawatiran yang sama terhadap kemungkinan pengembangan senjata nuklir Iran.

Sebaliknya, Brown sendiri sebelumnya sudah beberapa kali menghimbau Irael untuk menghentikan pembangunan perumahan warganya (di Tepi Barat, Red), sambil menyebutkan kalau isu itu merupakan rintangan bagi pencapaian perdamaian di Timteng. Persoalan ini juga telah ditekankan betul oleh pihak AS kepada Israel, dengan Presiden Barack Obama kini disebut-sebut tengah menyusun sebuah konsep perdamaian Timteng yang bakal diungkapkan musim gugur ini.

LONDON - Perdana Menteri (PM) Inggris Gordon Brown mengaku merasa optimistis terhadap sasaran perdamaian di kawasan Timur Tengah (Timteng), usai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close