Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bu Risma Ajak Pemda Mandiri Tangani Bencana

Serahkan Bantuan Hand Sanitizer dan Masker kepada Wali Kota Surabaya

Minggu, 28 Februari 2021 – 14:50 WIB
Bu Risma Ajak Pemda Mandiri Tangani Bencana - JPNN.COM
Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan bantuan alat kesehatan (alkes), berupa hand sanitizer sebanyak 448 karton dan masker medis 32 karton kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di halaman Balai Kota Surabaya, Minggu (28/2) pagi. Foto: Kemensos. 

jpnn.com, SURABAYA - Kementerian Sosial (Kemensos) RI dalam upaya penanganan pascabencana akan mengubah pengadaan gedung, dan anggarannya dialokasikan untuk dana operasional bencana alam supaya bisa lebih maksimal.

“Mengingat terjadi musibah bencana alam di seluruh nusantara, maka pengadaan gedung diubah untuk memaksimalkan penanganan bencana, ” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menyerahkan bantuan alat kesehatan (alkes) kepada Walikota Surabaya Eri Cahyadi di halaman Balai Kota Surabaya, Minggu (28/2/2021) pagi.

Kemensos memberikan bantuan dua jenis alkses, yakni hand sanitizer sebanyak 448 karton dan masker medis 32 karton.

Menurut Bu Risma, pemerintah daerah (pemda) mempunyai peran strategis dalam mengatasi daerahnya masing-masing.

Ia menegaskan Kemensos siap dengan buffer stock yang bisa dikirim dengan cepat ke lokasi bencana.

“Kami siapkan buffer stock yang sewaktu-waktu bisa dikirim cepat, tetapi itu tergantung pemda bisa mengatasi bencana yang terjadi. Nanti, kita lihat mampu atau tidak dan seperti apa yang dibutuhkan di lokasi bencana, ” ujarnya.

Untuk memudahkan penanganan pascabencana, pemda diharapkan juga dapat mandiri seperti memiliki tenda sendiri, dapur umum dan lain sebagainya.

“Sudah diberikan kepada pemda berupa dapur umum, tenda, genset dan perahu. Termasuk, diusulkan pembangunan gedung agar ditiadakan untuk memaksimalkan upaya penanganan pascaterjadi bencana alam, ” kata Mensos Risma.

Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Bu Risma mengajak pemerintah daerah bisa mandiri dalam melakukan penanganan pascabencana alam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close