Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bulldozer Mengamuk, 4 Tewas, 45 Luka

Kamis, 03 Juli 2008 – 12:00 WIB
Bulldozer Mengamuk, 4 Tewas, 45 Luka - JPNN.COM
Polisi Israel memeriksa kediaman Hussam Tarsyir Dwayat, pengemudi buldozer yang mengamuk di Jerusalem. Foto: AFP
JERUSALEM – Jalanan di Jerusalem kemarin dikejutkan serangan bulldozer yang dikemudikan Hussam Tarysir Dwayat. Kendaraan kelas berat itu melaju serampangan, menabrak bus dan mobil. Pelaku kemudian menembak mati polisi Israel. Juru bicara polisi Nasional Micky Rosenfeld mengatakan serangan yang terjadi tepat di jantung Kota Suci itu dianggap tindakan teroris.

’’Sejauh ini ada empat orang tewas, termasuk sopir bulldozer. Selain itu, 45 orang terluka, 3 di antaranya sangat serius,’’ kata Yeroham Mendola, juru bicara pertolongan gawat darurat Magen David Adom. Menurutnya, salah satu dari yang terluka adalah seorang bayi.

     Komisioner Polisi Dudi Cohen mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan kejadian yang tidak terduga yang dilakukan ayah dua anak. Dan secara kebetulan si pelaku mempunyai catatan kriminal di masa lalu tapi belum diketahui apakah mempunyai kaitan dengan kelompok bersenjata. Kini, polisi tengah mencari tahu apakah dia “bergerak” sendiri ataukan menerima perintah dari pihak tertentu.

     Si pelaku, yang diidentifikasi sebagai Hussam Tarysir Dwayat berasal dari Sur Baher. Dan dia menjadi anggota komunitas Arab.

     Serangan tersebut tidak luput dari perhatian gerakan Hamas Palestina yang menguasai Jalur Gaza. Mereka menyebut bahwa serangan itu merupakan akibat dari agresi Israel yang tidak henti-henti. Hal itu, juga disebut-sebut sebagai akibat dari maraknya kriminalitaas terhadap warga West Bank serta pendudukan Jerusalem. Tapi, kata juru bicara kelompok tersebut, Sami Abu Zuhri, tidak memberikan informasi lebih lanjut siapa yang mendalangi serangan itu.

     ’’Saat itu ada dua polisi di atas truk dan saya memanjatnya. Saya lihat penyerang berusaha menabrak mobil lain,’’ kata Eli Misrahi, anggota unit elit polisi. ’’Lalu, saya menembak dan membunuhnya.’’

     Tentang kejadian itu, Presiden George W. Bush mengirimkan ungkapan bela sungkawa kepada Perdana Menteri Israel Ehud Olmert. (AFP/AP/dia)

JERUSALEM – Jalanan di Jerusalem kemarin dikejutkan serangan bulldozer yang dikemudikan Hussam Tarysir Dwayat. Kendaraan kelas berat itu melaju

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close