Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cak Imin: Kalau PKB Menang, Dana Desa jadi Rp 5 Miliar

Rabu, 05 Juli 2023 – 17:54 WIB
Cak Imin: Kalau PKB Menang, Dana Desa jadi Rp 5 Miliar - JPNN.COM
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan partainya akan tetap memperjuangkan Dana Desa naik menjadi Rp 5 miliar.

Cak Imin -sapaan Muhaimin, mengeluarkan pernyataan itu untuk menanggapi keputusan Badan Legislatif (Baleg) DPR yang menyepakati Dana Desa akan naik dua kali lipat (dari Rp 1 miliar menjadi Rp 2 miliar per desa dan per tahun).

Cak Imin optimistis target menjadikan Dana Desa menjadi Rp 5 miliar per desa per tahun bisa dicapai jika PKB menang Pemilu 2024.

"Eggak apa-apa kali ini naik menjadi Rp 2 miliar. Nanti kalau PKB menang Dana Desa minimal Rp 5 miliar," ujarnya, Rabu (5/7).

Pria kelahiran Jombang berusia 56 tahun ini menilai keputusan Banggar DPR RI terkait kenaikan Dana Desa juga sudah tepat. Menurutnya keputusan itu langkah konkret dalam menyelamatkan realisasi penggunaan APBN.

Dia menilai strategi pembangunan nasional sudah seharusnya diubah dari yang sebelumnya dari atas menjadi dari bawah, atau dari desa. Menurutnya perubahan orientasi tersebut akan menjadikan Indonesia akan lebih cepat maju.

"Ini untuk menyelamatkan uang APBN juga. Setahun ini harus persiapan total agar Dana Desa bebas dari korupsi," tutur Cak Imin.

Sebelumnya, Badan Legislasi (Baleg) DPR menyepakati usulan kenaikan 20 persen Dana Desa yang berasal dari dana transfer daerah untuk dimasukkan dalam draf revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. (*/jpnn)

Cak Imin optimistis target menjadikan Dana Desa menjadi Rp 5 miliar bisa dicapai jika PKB menang Pemilu 2024.

Redaktur & Reporter : Mufthia Ridwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close